BERITA
MTS PANCA RIJANG ; PETANI KELUHKAN IKLIM YANG TIDAK MENENTU
2019-02-07 23:59:35

Petani keluhkan iklim yang tak menentu, ini yang dibahas Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) terpadu tingkat kecamatan kabupaten sidrap, di aula kantor camat pancarijang, kamis 7 Februari 2019.

Yang jadi masalah para petani di pancarijang ini karena iklim, dimana curah hujan berbeda-beda di suatu daerah.
"Karena curah hujan yang berbeda di suatu daerah ini, membuat para petani menanam secara berkelanjutan. Bulan ini saja ada petani yang sudah mau panen bahkan ada juga petani yang baru mau tanam", ujar Sekcam pancarijang, Rimba Najamuddin saat memimpin rapat.
Lanjut, Rimba berharap agar dalam kegiatan MTS terpadu ini ada evaluasi tentang jadwal serentak tanam dan panen para petani agar tidak ada lagi menanam secara berkelanjutan.
Selain itu, dalam kegiatan yang di hadiri para kelompok tani dan tokoh masyarakat setempat. Di bahas juga bagaimana cara menanggulangi serangan hama dan penyakit tanam yang biasa terjadi di wilayah tersebut.
Turut hadir Kabag Ekonomi Ibrahim, Kabid OP SDA Dinas PSDA Muh. Yusuf Tamrin, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Hj Nurlailah, serta aparatur kecamatan pancarijang.
Perlu diketahui, di kecamatan pancarijang ada penambahan luas area percetakan tanah sawah sebanyak 125 hektar, dan rencana akan berlangsung terus, di desa bulo dan desa cipotakari.

Bagikan: