BERITA
Tiba Dilokasi Bencana Palu. PMI Sidrap Langsung Gabung di Tim Evakuasi Sulsel
2018-10-02 08:35:39

Rombongan pertama dari Palang Merah Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sidrap telah tiba dengan selamat di lokasi bencana gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. 
Mereka yang terbagi dalam tim ambulance dan evakuasi itu langsung bergabung dengan tim PMI Sulawesi Selatan dalam membantu evakuasi jenazah korban yang masih ada di bawah reruntuhan bangunan.
Wandi salah satu dari enam anggota PMI Sidrap yang dihubungi, Senin malam (1/10/2018) mengaku bahwa banyak kendala yang dihadapi saat melakukan evakuasi.
"Disini sejumlah tim membutuhkan alat berat dalam mengevakuasi jenazah di bawah reruntuhan bangunan. Selain itu, jalan yang terputus juga membuat kewalahan untuk evakuasi korban," katanya.
Dia akui, tim juga sudah kekurangan stok perlengkapan masker dan sarung tangan lateks yang dipakai saat evakuasi korban.
Di daerah itu, kata dia juga masih terkendala jaringan komunikasi dan aliran listrik. "Hanya daerah-daetah tertentu yang memiliki jaringan. Kami disini pakai handytalky untuk berkomunikasi dengan tim lainnya," ucapnya.
Sementara itu, tim kedua yang diberangkatkan Pemda Sidrap juga sudah dalam perjalanan ke lokasi dengan menggunakan kapal laut bersama sejumlah tim dari daerah lain.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap, Siara Barang saat dihubungi mengatakan, tim yang dipimpinnya sebentar lagi sampai di lokasi.
"Ini kita sebentar lagi sampai di lokasi bersama kurang lebih seribu relawan baik dari TNI, BPBD, PMI, ACT maupun komunitas lainnya," katanya.
Tim Pemda Sidrap yang beranggotakan 18 orang itu nantinya selain membantu korban gempa dan tsunami secara umum. Mereka juga akan melakukan pendataan terhadap warga asal Sidrap yang terkena musibah pada Jumat sore, 28 September lalu itu.
"Kami akan melakukan pendataan, khususnya orang-orang Sidrap yang terkena musibah baik yang meninggal dunia hingga kerusakan rumah," ucapnya.
Setelah melakukan pendataan, pihaknya akan mengusulkan ke Pemda Sidrap untuk diberikan bantuan langsung ke para korban.

Bagikan: