Berita

Home Berita

Capacity Building Bapenda Sidrap, Optimalikan Pendapatan Lewat Kanal Elektronik

post-thumb

Berita

Rabu, 25 September 2024

 

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sidrap mengadakan capacity building untuk meningkatkan kemampuan SDM pengelolaan pendapatan daerah, Rabu (25/9/2024).

Kegiatan mengangkat tema "Optimalisasi Pendapatan Pajak Daerah Melalui Kanal Elektronik" dibuka Plt Kepala Bapenda Sidrap, Jemmi Harun.

Pemateri kegiatan dari Bank Sulselbar, Reza Dwi Putra. Adapun pesertanya yaiyu jajaran ASN Bapenda serta koordinator pengelola pendapatan daerah. 

Jemmi Harun dalam sambutannya menyatakan, capacity building ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemapuan teknis para ASN dalam memanfaatkan teknologi pembayaran elektronik.

"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya penerapan kanal pembayaran elektronik dalam meningkatkan pajak daerah," kata Jemmi.

Dikatakannya, untuk menuju optimalisasi pajak daerah ada tiga poin penting yang harus dilakukan yaitu penguatan regulasi, implementasi digitalisasi, dan peningkatan kapasitas SDM pelayanan dan koordinator pajak selaku pengelola.

"Serta Implementasi strategi baru untuk meningkatkan efisiensi pemungutan pajak daerah secara non tunai," imbuhnya.

Melalui kegiatan itu pula, Jemmi Harun berharap inovasi terus dilakukan demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap para ASN Bapenda serta pengelola pajak daerah dapat segera mengiimplementasikan proses pelayanan publik terhadap masyarakat," harapnya.

“Kami percaya bahwa peningkatan kapasitas SDM adalah kunci untuk mencapai tujuan optimalisasi pendapatan daerah. Dengan pengetahuan yang lebih baik, kita dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat,” pungkas Jemmi.

Pada kegiatan di Ruang Rapat Kantor Bapenda Sidrap ini, para peserta diberikan wawasan, praktik transaksi serta strategi optimalisasi pemanfaatan QRIS, transfer bank, virtual account dan platform pembayaran elektronik.

Pewarta: MUHAMMAD SABIR YUNUS 
Editor    : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon