Cerita di Balik NOX3 Sidrap, Overland Rasa Ekstrem

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Cerita di Balik NOX3 Sidrap, Overland Rasa Ekstrem

 

Nemal Offroad Expedition Part 3 (NOX3) berlangsung sukses dan meriah di Kabupaten Sidrap 19-21 Mei 2023 lalu. Beragam kesan menghiasi gelaran offroad yang diikuti 42 tim dan sedikitnya 150 kendaraan tersebut.

 

Seperti diungkap Qian, peserta dari Indonesia Offroad Federation (IOF) Kota Makassar. Qian yang menjajal jalur overland, mengaku sangat terkesan dengan jalur yang disiapkan panitia. Ia bahkan tak ragu menyebutnya lebih seru dari Java Overland, salah satu ajang offroad yang populer.

 

“Jalurnya lumayan keren, bagus bangetlah, Java Overland saja kalah,” beber Qian saat acara penutupan. 

 

NOX3 yang digelar IOF Sidrap menawarkan dua jalur kepada offroader, extreme (ekstrem) dan overland. Jalur ekstrem yang diikuti 13 tim, dari namanya saja tergambar betapa menantangnya rute yang harus dilalui. Tingkat kesulitannya lebih tinggi, dan durasi offroad lebih lama.

 

Sementara jalur overland, sejatinya melalui medan yang lebih ramah. Namun di sinilah letak keunikan NOX3, 29 tim overland melahap jalur overland namun rasa ekstrem.

 

“Penuh tanjakan dan turunan, ndak pernah kita pakai gigi 3 gigi 4, kita cuma pakai 1-2 aja. Keluar BC (basecamp) 1 menuju BC 2 itu kita sudah langsung pakai 4 wheel. Lumayan berat, hampir samalah dengan ekstrem,” cerita Qian.

 

“Jadi buat teman-teman ektrem, overland juga enak,” imbuh Qian.

 

Selain soal jalur, Qian juga mengomentari pelayanan yang diberikan panitia pelaksana. “Sudah sangat enak sekali, kita dihargai seperti saudara sendiri,” lontarnya.

 

Hal tersebut diamini H. Syamsu, peserta dari Luwu Timur. “Apresiasi kepada panitia, sejak hari pertama kami berada di Bumi Nene Mallomo ini memberikan kesan yang luar biasa," tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia NOX3, Muhammad Yusuf DM menyatakan pihaknya memang berupaya maksimal agar event tersebut meninggalkan kesan yang baik bagi para peserta.

 

“Alhamdulillah, kita memang ingin offroader membawa kesan mendalam dengan jalurnya, juga kesan baik dengan pelayanan panitia,” ujar Ketua Karang Taruna Sidrap tersebut.

 

Diungkapkannya, satu bulan sebelum event, panitia telah melakukan survei dan menyiapkan jalur yang akan dilalui offroader baik ekstrem maupun overland. 

 

Adapun jalur yang dipilih panitia start di Pelataran Monumen Ganggawa Kecamatan Maritengngae, melewati Desa Betao Riase Kecamatan Pitu Riawa, Desa Tanatoro Kecamatan Pitu Riase, dan finish di Kawasan Wisata Danau Mojong Kecamatan Watang Sidenreng. Total jarak sekitar 154 km.

 

Untuk hadiah, panitia menyiapkan satu unit mobil, 2 sepeda motor, dan puluhan hadiah menarik lainnya.  

 

Muhammad Yusuf tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kesuksesan acara tersebut. “Terima kasih support Pemkab Sidrap, Polres Sidrap, jajaran panitia, para offroader, seluruh pihak dan masyarakat yang telah mendukung event NOX3 ini,” lontar Yusuf.

 

Sebagai informasi, ajang Nemal Offroad Expedition Part 3 (NOX3) digelar sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi ke-679 Sidenreng Rappang serta Hari Bhayangkara ke-77.

Bagikan: