Dihadiri Gubernur Sulsel, Peringatan Hari Jadi ke-677 Sidrap Berlangsung Khidmat

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Dihadiri Gubernur Sulsel, Peringatan Hari Jadi ke-677 Sidrap Berlangsung Khidmat

Gubernur Sulawesi Selatan, H. M. Nurdin Abdullah didampingi Bupati Sidrap, H. Dollah Mando, menghadiri Peringatan Hari Jadi ke-677 Sidenreng Rapang, Kamis (18/2/2021) di Gedung DPRD Sidrap. 

Peringatan dilaksanakan dalam rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sidrap, H. Ruslan. Meski tahun ini dilaksanakan lebih sederhana, namun peringatan tetap berjalan khidmat dan lancar.

Kegiatan menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 cukup ketat. Seluruh tamu undangan maupun panitia melewati rapid tes antigen sebelum masuk gedung DPRD. Penggunaan masker diwajibkan, selain itu jumlah hadirin dalam ruangan dibatasi.

Peringatan juga terhubung secara live kesebelas kecamatan di Kabupaten Sidrap melalui aplikasi zoom. Para camat, kepala desa, lurah dan tokoh masyarakat mengikuti acara di lokasi masing-masing.

Rangkaian acara diawali pembacaan sejarah singkat Sidenreng Rappang oleh Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi. Selanjutnya ada penyerahan rumusan Musyawarah Tudang Sipulung, penandatangan prasasti proyek, penyematan satya lencana, penyerahan sejumlah penghargaan dan penyerahan 20 sertifikat tanah pemda 

Adapun tema peringatan tahun ini yakni "Sidrap Bangkit, Sejahtera dan Mandiri". 

"Secara filosofis, tema ini mengandung makna semangat pemerintah daerah didukung segenap komponen dan masyarakat untuk bekerja keras dan bekerja cerdas memanfaatkan potensi dan meningkatkan daya saing daerah guna mewujudkan Sidrap yang Mandiri dan Sejahtera," ujar Dollah Mando dalam sambutannya.

Ditambahkan Dollah, kompleksitas masalah akibat pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan secara bersama-sama melalui program nyata dan sinergitas kerja yang konstruktif dan produktif.

"Kami yakin dengan motto pendahulu kita 'Resopa Temmangingngi Namalomo Nalaetei Pammase Dewata', Kita akan mampu keluar dari krisis pandemi Covid-19 ini," lontar Dollah.

Dalam kesemopatan itu, Dollah juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas dukungan yang luar biasa dalam pembangunan berbagai proyek infrastruktur. Di antaranya, Rest Area Datae, Jembatan Jalan Lingkar dan perintisan jalan Tanrutedong-Larompong.

Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyampaikan selamat Hari Jadi ke-677 Sidrap kepada seluruh komponen masyarakat Sidrap. "Awalnya mau hadir secara virtual, tapi rasanya tidak afdol tidak bertemu langsung," ungkapnya.

Ia mengaku bangga dengan progres pembangunan yang menggembirakan di Kabupaten Sidrap. "Kami juga banga senang bantuan dari pemerintah provinsi menjadi daya ungkit bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sidrap," imbuh Nurdin.

Selanjutnya dikatakannya, progres di Kabupaten Sidrap dapat tercipta karena dukungan dari DPRD yang sangat besar. "Program-program strategis Pak Bupati  tanpa dukungan DPRD tidak akan jalan. Kerja sama ini perlu terus didorong," pesannya.

Peringatan Hari Jadi ke-677 Sidrap dihadiri Wakil Ketua DPRD Sidrap, H. Syahruddin Alrif, Ketua Pengadilan Negeri Sidrap, Ernawaty, Dandim 1420, Letkol Dodi Nur Hidayat, Kapolres Sidrap, AKBP Leonardo Panji Wahyudi, dan Kajari, Samsul Kasim.

Turut hadir, para pimpinan parpol, ketua KPU, ketua Bawaslu, pimpinan instansi vertikal, lembaga mitra pemerintah, serta para kepala OPD Pemkab Sidrap.

Bagikan: