Dollah Mando Motivasi Perajin Eceng Gondok Terus Berkreasi

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Dollah Mando Motivasi Perajin Eceng Gondok Terus Berkreasi

 

Berkunjung ke Desa Teteaji, Kecamatan Tellu Limpoe, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando menyempatkan meninjau aktivitas perajin eceng gondok, Kamis (17/6/2021).

 

Didampingi Camat Tellu Limpoe, Andi Mauraga, dan aparat desa setempat, Dollah menyaksikan dari dekat para perajin mengolah eceng gondok menjadi barang menarik.

 

Mulai pemilihan bahan baku, penjemuran, perajutan, hingga proses finishing. Adapun barang kerajian dihasilkan berupa tas, dompet, keranjang, tempat tisu, wadah makanan dan sandal. 

 

Dalam kunjungannya, Dollah memotivasi para pengrajin untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas kerajinan enceng gondok mereka. 

 

"Perbanyak belajar dan berkreasi agar lebih banyak jenis dihasilkan, jangan lupa kualitasnya harus bagus meningkatkan nilai jual," pesan Dollah. 

 

Ia berharap kerajinan eceng gondok itu bisa menjadi mata pencaharian baru yang mendorong ekonomi masyarakat. 

 

"Semoga kerajinan eceng gondok ini bisa menjadi rutinitas warga, setidaknya mengisi waktu luang sekaligus menjadi sumber penghasilan keluarga," tandas Dollah.

 

Kerajinan eceng gondok saat ini menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Sidrap. Beberapa waktu lalu, Pemkab Sidrap bersama LP2M Unhas, IKM dan ISA Sidrap menggelar pelatihan, menghadirkan pemateri dari BBKB Yogyakarta.

 

Hasil kerajinan eceng gondok ini juga dipamerkan pada penutupan Seleksi Tilwatil Quran dan Hadist (STQH) ke-32 yang dihadiri Plt. Wakil Gubernur Sulsel, di mana Sidrap menjadi tuan rumah.

Bagikan: