Field Trip di Sawah, PAUD Negeri Percontohan Sidrap Usung “Kucinta Sidrapku dengan Sawahnya”

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Field Trip di Sawah, PAUD Negeri Percontohan Sidrap Usung “Kucinta Sidrapku dengan Sawahnya”

 

PAUD Negeri Percontohan (PNP) Kabupaten Sidrap menggelar field trip (studi lapangan) dengan tajuk “Kucinta Sidrapku dengan Sawahnya” di persawahan Kelurahan Majjelling, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Ahad (15/01/2023).

 

Kepala PNP Sidrap, Rastuti bersama seluruh guru mengajak para muridnya berkunjung ke area persawahan untuk menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas

 

Kegiatan ini menghadirkan pemateri penyuluh pertanian Minarsi Amir, Ketua Kelompok Tani Majjelling, dan Muslimin Azis, seorang petani milenial. Para orang tua murid juga hadir dalam field trip itu.

 

Terlihat para murid sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan pemateri. Mereka pun serius mengikuti semua rangkaian kegiatan. Tajuk “Kucinta Sidrapku dengan Sawahnya” ini membuat mereka sangat gembira belajar di luar kelas.

 

Rastuti menjelaskan, setelah menonton video tentang sawah di kegiatan intrakurikuler di kelas, para murid meminta untuk lakukan kunjungan ke area persawahan.

 

“Kegiatan field trip ini merupakan permintaan dari peserta didik kami dan hasil kesepakatan bersama setelah mereka menonton video tentang ‘sawah’ pada kegiatan intrakurikuler di kelas. Sudah seminggu mereka meminta untuk dibawa ke sawah dan melihat langsung padi di sawah,” ungkapnya.

 

Kegiatan tersebut, lanjut Rastuti, merupakan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah PNP Kabupaten Sidrap di semester ini.

 

Para murid PNP Sidrap sangat senang belajar sehingga banyak pengetahuan yang baru didapatkan melalui kegiatan tersebut.

 

“Kegiatan hari ini adalah tahap permulaan atau kegiatan pemantik untuk peserta didik kami dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah kami. Semester ini, Kami memilih Tema ‘Aku Cinta Indonesia’ dengan tujuan untuk mencapai elemen yang pertama beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia kemudian bergotong-royong,” jelasnya.

 

“Banyak hal yang peserta didik kami dapatkan hari ini seperti padi makannya melalui apa, kapan padi bisa diberi pupuk, hama yang bisa mengganggu pertumbuhan padi, teman padi, peralatan yang digunakan di sawah, kosakata baru bagi peserta didik kami seperti fotosintetis, bulir padi, mulut padi,” lanjutnya.

 

Untuk diketahui, PAUD Negeri Percontohan Kabupaten Sidrap memiliki Akreditasi A beralamat di Jl. Ressang, Pangkajene, Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Diketahui, sekolah ini mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menunjang pembelajaran para siswanya serta memiliki tenaga pengajar yang berkompeten.

Bagikan: