Galakkan Penangkaran Benih, Perusda Sidrap Ajak Petani Bermitra *Diapresiasi Bupati Sidrap 

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Galakkan Penangkaran Benih, Perusda Sidrap Ajak Petani Bermitra *Diapresiasi Bupati Sidrap 

Program penangkaran benih padi yang digalakkan Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Sidrap menunjukkan hasil positif.

Menurut Direktur Utama Perusda Sidrap, Zulkarnaen Basir, hal tersebut terlihat dengan  meningkatnya produksi petani yang menjadi mitra binaannya.

"Meningkatnya produksi melalui program penangkaran berkisar 2-3 ton/ha disertai peningkatan nilai jual lebih tinggi Rp200 dari harga umum,” ungkapnya.

Lebih jauh diutarakannya, program penangkaran benih itu sebagai perwujudan visi misi Bupati Sidrap untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dan pendapatan petani. 

“Penangkaran benih ini juga sebagai  upaya untuk menjadikan Sidrap sebagai lumbung benih padi berkualitas,” kata Pak Zoel, sapaan akrabnya.

Ia juga menyatakan, program itu mendapat apresiasi dari Bupati Sidrap dan respon positif dari para kelompok tani.

"Ini dibuktikan dengan banyaknya kelompok  tani yang berminat untuk menjadi mitra binaan penangkaran benih Perusda Sidrap," tuturnya.

Untuk musim tanam berikutnya, katanya lagi, Perusda Sidrap juga akan menyediakan benih unggul  untuk memenuhi kebutuhan para petani. Varietas yang ditawarkan seperti ciherang, impari, situbegendit dan mekongga.

Ia berharap, ke depan para petani bisa bermitra dengan Perusda Sidrap sehingga kualitas hasil produksi mereka bisa meningkat. 

“Saya yakin jika produksi petani ini meningkat ditambah lagi dengan nilai jual yang meningkat maka tujuan  dari semangat Hari Jadi tahun ini yakni 'Sidrap Bangkit, Mandiri dan Sejahtera' akan terwujud,” tandasnya.

Bupati Sidrap, H. Dollah Mando menyampaikan apresiasi saat menghadiri panen raya hasil penangkaran padi Perusda Sidrap di Desa Otting, Kecamatan Pitu Riawa, Kamis (18/2/2021) lalu.

"Perusda Sidrap sudah mulai bergerak dan memberanikan diri dalam mengurus benih padi," puji Dollah didampingi Camat, Pitu Riawa, Muhammad Bakri san Kepala Desa Otting, Irwan.

Seperti saat menghadiri kegiatan yang sama di Desa Tanete Kecamatan  Maritengngae beberapa waktu lalu, Dollah berpesan agar kualitas benih diutamakan.

"Seleksi benih padi di lapangan harus tepat sehingga benih yang ditanam itu berkualitas," pesannya.

Sebagai informasi, panen raya itu merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-677 Sidenreng Rappang. Di hari yang sama, Bupati Sidrap bersama Wakil Ketua DPRD Sidrap, Kasman dan sejumlah kepala OPD juga mengunjungi RS Arifin Nu'mang dan Bumdes Pelangi Desa Kalosi, Kecamatan Dua Pitue.

Bagikan: