Jadikan Lokomotif Pangan Indonesia

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Jadikan Lokomotif Pangan Indonesia

Tak hanya fokus pada sektor Pendidikan dan Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten juga akan mewujudkan mimpinya menjadikan Sidrap sebagai lokomotif penghasil pangan untuk Indonesia.

Nah mewujudkan hal itu, Gunernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo sudah bersepakat dengan Bupati Sidrap Sidrap H Rusdi Masse untuk meningkatkan sektor Pertanian melalui program peningkatan sarana-prasarana terkait Pertanian.

Syahrul dalam sambutannya sempat menyinggung kesiapan Pemprov menjadi salah satu Provinsi utama penyangga stok pangan di Indonesia. Alalsannya, dengan hasil rata-rata 7 hingga 10 ton perhektarnya, Kabupaten Sidrap ditunjuk sebagai lokomotif utama penyedia beras untuk dikirim ke 33 Provinsi di Indonesia.

"Sidrap merupakan penyedia stok beras terbesar di KTI, makanya harus jadi utama lokomotif penyangga pangan secara nasional,"pungkasnya.

Sementara masih ditempat yang sama, Bupati Sidrap H Rusdi Masse sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mewujudkan program swasembada pangan secara nasional. Diantaranya, hasil ujicoba aplikasi Musim Tanam Oktober-Maret (MT Okmar) dimana tanaman padi pada seluas 30 hektar yang dijadikan sampel ubinan yang dilakukan BPS terjadi pengingkatan hasil produksi pertanian dari sebelumnya pada 18 titik lokasi ujicoba yakni rata-rata terendah 6 dan tertinggi 10 ton perhektarnya produkti pertanian dari sebelumnya hanya 5,5 ton perhektarnya.

Selain itu pola ketergantungan petani terhadap hasil produsen industri pupuk organik cair sehingga dibentuk kelompok usaha bersama yang mampu memproduksi lokal pupuk organik cair hingga 2.000 liter setiap siklus 24 hari atau 4 kali produksi selama satu musin tanam.
"Pola aplikasi ini cukup efektif dan efeisien penggunaan biaya petani dapat dikurangi selain juga pupuk berbahan kimia bisa dikurangi oleh petani sebesar 50 persen," ungkap H Rusdi Masse.

Begitupula, menunjang sektor pembangunan tersebut, kata Rusdi, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp40,5 miliar lebih untuk sektor pertanian di Kabupaten Sidrap dalam upaya khusus pencapaian Swsembada Pangan.

"Insyallah, keinginan mewujudkan Sidrap sebagai lokomotif dan penyangga pangan secara Nasional kita wujudkan dengan melibatkan stake holder dan kerjasama semua pihak termasuk masyarakat Sidrap oada umumnya," pungkasnya. (humas)

Bagikan: