?> LESTARIKAN WARISAN BUDAYA, DESA BOTTO KABUPATEN SIDRAP ADAKAN LOMBA "MAPPADENDANG"

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

LESTARIKAN WARISAN BUDAYA, DESA BOTTO KABUPATEN SIDRAP ADAKAN LOMBA "MAPPADENDANG"

LESTARIKAN WARISAN BUDAYA, DESA BOTTO KABUPATEN SIDRAP ADAKAN LOMBA "MAPPADENDANG" 

Pemerintah Desa Botto, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap menggelar lomba 'Mappadendang" antar dusun setempat, Selasa (13/10/2020) malam.

 

Lomba diadakan di halaman Kantor Desa Botto, sekaligus menjadi ajang menyambut pesta panen yang digelar keesokan harinya, Rabu (14/10/2020).

 

Pembukaan lomba "Mappadendang" dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak, H. Abbas Aras, SP. M.AP, dan Camat Pitu Riase, Andi Mukti Ali, SE, M.Adm.Pemb.

 

Adapun tim juri berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, dipimpin H. Jubir Andi Pariwusi.

 

Kepala Desa Botto, Dirman mengatakan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kebersamaan masyarakat dan menjaga adat istiadat.

 

"Warisan budaya perlu dilestarikan, salah satunya lomba setiap sehabis panen raya ini," jelasnya.

 

Kadis Pemdes PPA, Abbas Aras mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap untuk dikembangkan termasuk di lingkungan pendidikan.

 

"Untuk melestarikan budaya yang ada di masyarakat maka kegitan ini perlu untuk terus dikembangkan. Negara Kita kaya dengan suku dan adat istiadatnya yang beraneka  ragam," ujarnya.

 

Sementara Camat Pitu Riase, Mukti Ali mengingatkan agar kegiatan tersebut senantiasa mengindahkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. "Mari tetap mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan," pesannya.