?> Manfaatkan TPST-3R

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Manfaatkan TPST-3R

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kabupaten Sidrap, Hj Aryani berharap masyarakat berperan aktif dalam penanganan masalah sampah di lingkungan.

"Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas TPST-3R (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu-Reduce, Reuse, Recycle),"ujar Aryani.

Hal itu disampaikan Aryani saat menjadi pemateri pada pelatihan prosedur pengolahan sampah di tingkat TPST-3R, Jumat (9/1/2015), di TPST-3R KSM Majjeling.

TPST-3R tersebut terletak di Jalan Pendidikan No 3 Kelurahan Majjelling Kecamatan Maritengngae, atau tepatnya belakang Kantor PMI Sidrap.

Lebih jauh Aryani mengungkap, TPST-3R itu merupakan yang pertama ada di Sidrap dan melayani persampahan di Kelurahan Majjelling. Di fasilitas itu dilakukan penjemputan sampah, pembongkaran sampah sampai pemilahan sampah organik, anorganik dan residu.

"Dengan pemilahan sampah di TPST-3R akan mengurangi volume sampah yang akan dibawa ke TPA(Tempat Pembuangan Akhir), karena hanya residu yang dibawa ke TPA,"jelasnya.

Ditambahkannya, sampah organik seperti daun kering, sisa makanan, jerami dan lain-lain akan diproses pengomposan. Sementara sampah anorganik seperti kertas, koran, kardus, duplek, logam, botol kaca, botol dan gelas plastik, kaca, kaleng akan diserahkan ke pengepul.

"Intinya sampah bisa bernilai ekonomis, namun sekali lagi fasilitas yang baik ini tidak akan maksimal tanpa partisipasi aktif dari masyarakat, mulai mengumpulkan sampah sampai proses pemilahan sampah"terangnya.

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup Sidrap, Hj Andi Wardiyah Pa'mu yang juga pemateri mengungkap, TPST-3R erat kaitannya dengan penilaian adipura.

"Mulai tahun ini TPST-3R masuk penilaian wajib adipura, jadi kebetulan sekali sekarang ini sudah ada di Sidrap,"katanya.

Namun Wardiyah mengingatkan gedung dan sarana saja tidaklah cukup. "Kegiatannya harus aktif, kalau tidak nilainya sama saja dengan nol," serunya.

Pelatihan yang diikuti masyarakat Majjelling serta anggota KSM Majjelling tersebut dibuka Camat Maritengngae, Arlin Ariesta. Turut hadir Kepala Bidang Kebersihan dan Keindahan Dinas CKTR Sidrap, Andi Alauddin serta Ketua KSM Majjelling, H Abu Bakar Deni.

Bagikan: