PEMKAB SIDRAP-UNM JAJAKI KERJASAMA BIDANG SENI DAN DESAIN

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

PEMKAB SIDRAP-UNM JAJAKI KERJASAMA BIDANG SENI DAN DESAIN

Pemerintah Kabupaten Sidrap dan Universitas Negeri Makassar (UNM) menjajaki kemungkinan jalinan kerja sama di bidang seni dan desain.

Hal tersebut ditandai kunjungan Tim Fakultas Seni dan Desain UNM Makassar ke Kabupaten Sidrap, Jumat (20/11/2020). Rombongan diterima Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi di ruang kerjanya, Lantai III Kantor Bupati Sidrap.

Tim UNM terdiri Dekan FGD, Dr.Tangsi, MSn Wakil Dekan II, Dr. Agusalim Djirong, MT, Ketua Jurusan Seni Rupa dan Desain, Dr. Muhammad Saleh Husain, M.Si, Kepala Laboratorium Seni Rupa dan Desain, Dr Pangerang Paita Yunus dan Ketua Prodi Seni Tari, Rahma M, SPd MSn.

Agusalim Djirong mengatakan, UNM menawarkan jalinan kerja sama dengan dinas terkait di Kabupaten Sidrap, khususnya pengembangan kesenian dan kebudayaan serta desain bagi produk-produk UMKM.

"Potensi seni rupa, seni tari  dan seni lainnya coba kita kembangkan. Begitu pun kemampuan desain yang sangat dibutuhkan UMKM untuk kemasan produknya," lontarnya.

Agussalim menambahkan, UNM memiliki program untuk memfasilitasi siswa-siswa yang berbakat di bidang seni dan desain.  Dalam hal ini, sambungnya, dinas terkait bisa mengadakan lomba seni dan desain di mana pemenangnya mendapat sertifikat.

"Sertifikat ini menjadi modal untuk masuk UNM nantinya," sebut Agussalim.

Sementara Sekda Sidrap, Sudirman Bungi menyampaikan terima kasih atas tawaran kerja sama pihak UNM. "Pemda menemukan mitra yang tepat," ujarnya.

Sudirman mengatakan, Kabupaten Sidrap memiliki potensi bidang seni dan kebudayaan yang bisa dikembangkan. Apalagi, imbuhnya, saat ini Sidrap tengah menggalakkan sektor pariwisata.

"Selain itu produk-produk UMKM memang perlu didesain dan dipoles, sehingga kemasan-kemasan menjadi lebih menarik dan mudah dipasarkan," kata Sudirman.

Ia selanjutnya mengatakan, akan menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan menyusun nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

"Jadi program-programnya akan Kita pertajam dan dibuatkan MoU yang akan ditandatangani Bapak Bupati," tandasnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Sidrap, Ahmad Dollah, Kabid Pariwisata Disporapar, Yasmin, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud, Syamsuddin dan beberapa jajaran terkait.

Bagikan: