./file/foto_berita/b54a9ae1.jpg

The path to the image is not correct.

Your server does not support the GD function required to process this type of image.

Rusdi : Kelompok Terbaik Akan Dapat Kombain dan Traktor

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Rusdi : Kelompok Terbaik Akan Dapat Kombain dan Traktor

* Himbau Petani Manfaatkan Dana Bantuan Sebaik-baiknya

Terkait adanya Upaya Khusus (Upsus) untuk mencapai program swasembada pangan nasional 3 tahun mendatang, Bupati Sidrap H Rusdi Masse berpesan agar dana yang langsung ditransfer ke rekening para kelompok tani dan P3A itu agar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Jangan ada yang berpikir untuk menyalahgunakan dana itu seperti yang lalu. Ingat program ini dikawal TNI sehingga diharapkan pengawasannya bisa lebih transfaran,"jelas Bupati Sidrap, H Rusdi Masse saat berbicara dihadapan ratusan anggota kelompok tani, P3A dan undangan lainnya.

Dengan komitmen dan kerja sama yang baik, baik TNI, penyuluh dan lainnya dalam mengawal Upsus ini maka tiga tahun ke depan kata dia, sesuai janji dan komitmen menteri pertanian maka swasembada pangan bisa terwujud tahun 2017 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Rusdi Masse juga melakukan dialog langsung dengan para anggota kelompok tani, anggota P3A dan stake holder lainnya.

Dihadapan peserta sosialisasi Upsus itu, Rusdi Masse menjanjikan akan memberikan hadiah kombain (combine harvester/mesin panen) dan traktor tangan bagi kelompok tani terbaik dalam melaksanakan program Upsus tersebut. "Artinya kelompok tani terbaik akan kita berikan kombain dan traktor tangan,"terangnya.

Terkait keluhan adanya sejumlah wilayah yang mengalami kerusakan irigasi dan adanya wilayah tadah hujan Rusdi Masse memastikan tahun ini kesulitan air untuk petani bisa diatasi.

"Saya siap mundur jika irigasi yang bapak keluhkan itu tidak dikerjakan tahun ini. Kenapa saya berarni katakan seperti itu, karena tahun ini anggarannya sudah ada, rencananya 18 bendungan akan diperbaiki dengan dana sekitar Rp 25 miliar,"jelas Rusdi menjawab keluhan pertani terkait masalah irigasi.

Untuk itulah bagi wilayah yang mengandalkan tadah hujan, Rusdi berharap menyediakan lahan untuk pembangunan embun. Selain itu juga akan diberikan bantuan pompanisasi agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan air mereka.

Masalah lain yang diungkap dalam dialog itu juga terkait masalah pupuk. Untuk masalah pupuk ini, Rusdi Masse mengingatkan kepada para petani untuk mengikuti mekanisme yang ada, terutama penyediaan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sebagai acuan penyaluran pupuk bersubsidi. "Tapi bagi distributor tolong juga diawasi  pengecernya jangan sampai ada yang menyimpang,"tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Kadis Pertanian dan Perkebunan Sidrap Ir Amiruddin Syam MS juga tampil menyampaikan penjelasan teknis. Amiruddin berharap kelompok tani yang belum lengkap administrasinya untuk pelaksanaan program Upsus tersebut agar segera merampungkan administrasinya.

Dalam kesempatan itu, Amiruddin mengingatkan petani untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. "Kurangi bicara, perbanyak bekerja, data irigasi yang belum bagus untuk segera diperbaiki,"tandasnya. (humas)

Bagikan: