?> Sosialisasi Pengelolaan Arsip, Mendorong Terciptanya Keseragaman Sistem Kearsipan

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Sosialisasi Pengelolaan Arsip, Mendorong Terciptanya Keseragaman Sistem Kearsipan

Pemerintah Kabupaten Sidrap bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel melakukan Sosialisasi Pengelolaan Arsip, Rabu (25/11/2020), di Aula Kompleks SKPD Sidrap.

Acara diikuti sekitar 100 orang peserta utusan setiap OPD lingkup Pemkab Sidrap.

Sosialisasi dibuka Bupati Sidrap diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Andi Faisal Burhanuddin, dihadiri Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap, Wahidah Alwi, dan Kepala UPT Jasa Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, H. Irwan, S.Sos.

Irwan dalam laporannya mengatakan, tujuan sosialisasi untuk meningkatkan pengelolaan dan penatausahaan arsip di lingkungan SKPD Pemkab Sidrap.

Selain itu, lanjutnya, untuk mengoptimalkan pelayanan publik melalui tertib administrasi dan tertib arsip, terwujudnya tata kearsipan yang mengacu ketentuan perundang undangan yang berlaku, serta terciptanya keseragaman sistem kearsipan di lingkungan Pemkab Sidrap.

"Salah satu yang menjadi kendala selama ini dalam pelaksanaan tertib arsip adalah pengelolaan arsip pada SKPD. Oleh sebab itu, dengan adanya sosialisasi pengelolaan arsip diharapkan agar seluruh SKPD dapat mengelola arsip sesuai dengan undang-undang sehingga tertib arsip dapat terlaksana dengan baik kedepannya" beber Irwan. 

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sidrap mengingatkan pentingnya perilaku sadar arsip. Begitu pentingnya arsip, imbuhnya, diterapkan kepada seluruh elemen masyarakat sejak lahir hingga meninggal dunia. 

"Manusia akan selalu membutuhkan arsip sebagai bukti fisik dari aktivitas atau peristiwa tertentu seperti akta kelahiran, KTP, KK, ijasah, sehingga perilaku sadar arsip dapat diaplikasikan mulai dari pemeliharaan arsip pribadi," ujar Faisal.

"Ini baru arsip pribadi, bagaimana dengan arsip di masing-masing kantor, tentu lebih membutuhkan perhatian khusus," sambungnya.

Dikatakannya, dalam rangka menjamin kesediaan informasi, meningkatkan mutu dan kualitas satuan kerja dalam hal pengelolaan arsip, perlu penataan arsip secara efektif dan efesien.

Melalui sosialisasi itu, Faisal berharap dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peserta, untuk selanjutnya diterapkan di unit kerja masing-masing.

"Semoga kegiatan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik agar arsip dapat berperan dan berfungsi dengan baik, serta dikelola secara profesional oleh saudara-saudara sebagai bagian dari tupoksinya," pesan Faisal.

Sosialisasi diisi pemaparan materi tentang manajemen arsip dinamis dan fungsi arsip oleh narasumber Kepala UPT Jasa Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, H. Irwan, S.Sos. dan Kasi Pengelolaan Arsip Provinsi Sulsel Firman NM, S.Sos.,MAP.

Bagikan: