TAMPILKAN BLACK GARLIC, STAN DEKRANASDA SIDRAP JADI PERHATIAN GUBERNUR

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

TAMPILKAN BLACK GARLIC, STAN DEKRANASDA SIDRAP JADI PERHATIAN GUBERNUR

Stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sidrap mencuri perhatian pengunjung Pameran Industri Kreatif Nusantara dalam rangka Musda Dekranasda Sulsel, Selasa (6/8/2019) di Hotel Claro Makassar.

Tidak terkecuali oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Ketua Dekranasda Sulsel, Lestiaty F Nurdin, Plt Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb serta sejumlah pejabat provinsi.

Salah satu pemicunya karena 'black garlic' atau bawang putih hitam yang ditampilkan.

Black garlic yang dilabeli 'Kincir Angin Sidrap' itu merupakan olahan hasil permentasi. Selain sebagai bumbu masakan, black garlic bermanfaat untuk sebagai pencegah dan pengobatan penyakit kolestrol, asam urat dan lain-lain.

Nurdin Abdullah mengatakan, selain dikenal sebagai Kota Beras, ternyata Sidrap punya banyak produk kerajinan dan olahan makanan yang bisa dikembangkan.

"Ini salah satunya black garlic, adapula kerajinan pandai besi yang dibuat secara tradisional, semuanya perlu dikembangkan," ucap Nurdin.

Nurdin yang disambut Ketua Dekranasda sekaligus Ketua TP PKK Sidrap Hj Mulyani Dollah, secara umum mengapresiasi produk-produk yang ditampilkan stan Sidrap.

Sementara saat membuka kegiatan tersebut, Gubernur berharap para pelaku UMKM di Sulsel agar senantiasa berkreasi dan berinovasi menghasilkan produk-produk unggulannya.

"Ini agar dapat bersaing di pasar nasional maupun global," pesannya.

Ia juga mengatakan, pameran itu menjadi wadah menampilkan berbagai inovasi produk kerajinan dan UMKM.

"Kepada seluruh masyarakat, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk melihat berbagai produk yang ditampilkan seluruh daerah di Sulsel ini," ajak Nurdin.

Tak hanya kerajinan tangan dan olahan makanan ditampilkan. Musda Dekranasda Provinsi Sulsel juga dimeriahkan lomba fashion show yang diikuti 24 kabupaten/kota.

Kabupaten Sidrap sendiri menampilkan busana yang dirancang langsung Ketua Dekranasda Sidrap, Hj Mulyani Dollah. 

Gubernur Nurdin Abdullah dan Ketua Dekranasda Sulsel Lestiaty F Nurdin juga terlihat mengagumi busana yang diperagakan di atas catwalk tersebut.

Bagikan: