Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

TERIMA PENGHARGAAN HAM, SIDRAP NAIK LEVEL DARI "CUKUP PEDULI" MENJADI "PEDULI"

Peringatan Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Sedunia ke-71 tingkat nasional berlangsung di Gedung Merdeka Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Kegiatan dihadiri Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Turut hadir, sejumlah gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia.

Dalam momen tersebut, Pemerintah Kabupaten Sidrap memeroleh penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia pada tahun 2018.

Plt Asisten Administrasi Umum Sidrap, Andi Muhammad Faisal mewakili Bupati Sidrap menerima penghargaan menyatakan, ada peningkatan yang level yang diraih Sidrap.

"Meningkat dari 'Cukup Peduli HAM' tahun lalu, menjadi 'Peduli HAM' tahun ini," jelas Faisal.

Sementara itu, mengutip rilis Humas Kemenkumham, sebanyak 425 kabupaten/kota dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten/kota, telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan Hak Asasi Manusia.  

Dari jumlah tersebut, 272 kabupaten/kota memenuhi kategori Peduli HAM, dan 96 kabupaten/kota dikategorikan Cukup Peduli HAM.

Disebutkan pula, adanya sejumlah perubahan dalam kriteria dan indikator dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM, ditambah penggunaan aplikasi yang lebih terintegrasi dan penilaian eksternal Kementerian Hukum dan HAM, untuk mencapai kriteria kabupaten/kota peduli HAM ini cukup sulit dan ketat.  

Namun, ternyata sebagian besar Pemerintah Daerah tetap memiliki komitmen tinggi untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakatnya, dan upayanya tersebut berhasil.