Ikuti Apel Siaga Hadapi HBKN, Pemkab Sidrap Sekaligus Gelar Pangan Murah

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Ikuti Apel Siaga Hadapi HBKN, Pemkab Sidrap Sekaligus Gelar Pangan Murah

 

Pemerintah Kabupaten Sidrap dan jajaran forkopimda mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul Fitri 1445 Hijriah, Senin (1/4/2024). 

 

Kegiatan diikuti melalui zoom meeting oleh Pj Bupati Sidrap diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Siara Barang, Dandim 1420 Letkol Inf Andika Ary Prihantoro, Kabag Log Polres Sidrap, AKP Slamet Paryanto, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Sidrap, Uznul Alim, Kepala Cabang Bulog Sidrap, Anwar Halim.

 

Tampak pula Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP), Ibrahim, Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Nurkanaah, Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Suharya Angriani, dan Sekretaris Dinsos, Nurhidayah.

 

Zoom meeting tersebut dipusatkan di Pelataran Monumen Ganggawa, Kelurahan Lakessi, Kecamatan Maritengnga. Di tempat yang sama, Pemkab Sidrap juga melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM).

 

Siara Barang menyampaikan, gerakan pangan murah sebagai rangkaian dari apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan HBKN jelang Idul Fitri tahun 2024 serta dalam rangka menjaga Stabilitasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

 

"Langkah ini diharapkan dapat memberikan keringanan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, serta memastikan ketersediaan pasokan pangan yang memadai bagi masyarakat," katanya.

 

Gerakan pangan murah, lanjut Siara, juga diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam menghadapi tantangan ketersediaan pangan menjelang momen penting seperti Idul Fitri.

 

"Gerakan pangan murah yang dilaksanakan hari ini bukan yang pertama kalinya, tetapi kegiatan yang sama telah dilaksanakan di beberapa lokasi. Ini juga merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam mendukung kebijakan nasional untuk menjaga stabilitas harga pangan dan ketersediaan pangan yang memadai bagi seluruh masyarakat," sebutnya.

 

Sementara, Nurkanaah mengungkap, Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam GPM ini menjalin kolaborasi dengan Bulog dan beberapa toko modern/retail.

 

"Kami bekerja sama dengan Bulog Sidrap serta beberapa toko retail atau toko modern sehingga dengan ini diharapkan harga-harga bisa lebih terjangkau bagi masyarakat," katanya.

 

Lanjutnya, upaya-upaya tersebut telah dilaksanakan dan akan terus dilanjutkan ke seluruh desa/kelurahan sampai H-2 lebaran sehingga dapat membantu kebutuhan pokok masyarakat menjelang lebaran.

 

"Harapannya, dengan langkah-langkah seperti ini harganya menjadi lebih terkendali dan kami akan terus melakukan langkah ini hingga dua hari sebelum lebaran," ucapnya.

 

Dalam gerakan pangan murah ini, untuk harga jual beras SPHP Rp53.000/5kg, gula pasir Rp14.500/liter, Minyakita Rp14.000/liter, tepung terigu Rp11.000/kg, daging ayam Rp100.000/3 ekor, minyak Panah Mas Rp16.000/liter.

 

Sementara bawang merah Rp28.000/kg, bawang putih Rp39.000/kg, cabai merah Rp10.000/bungkus, cabai rawit Rp5.000/bungkus, telur ayam Rp110.000/3 rak.

 

Untuk diketahui, apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan dilaksnakan oleh Badan Pangan Nasional berlangsung di Gudang Bulog DKI Jakarta dan melibatkan dinas-dinas yang menangani urusan pangan di seluruh provinsi dan kabupaten/kota. 

 

Kegiatan dihadiri langsung Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Kepela Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Ady, Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, Inpektorat Jendral Kemendagri, Tomsi Tohir.

 

Penulis: MUHAMMAD SABIR YUNUS

Editor  : NURYADIN SUKRI

Bagikan: