Sidrap dan Tangerang Sepakati Penempatan Transmigran di Lagading

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Sidrap dan Tangerang Sepakati Penempatan Transmigran di Lagading

 

Pemerintah Kabupaten Sidrap bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang, menyepakati kerja sama penempatan transmigrasi di satuan permukiman Lagading, Kecamatan Pitu Riase Sidrap.

 

Penandatangan kerja sama dilakukan Pj Bupati Sidrap, H. Basra bersama Pj Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono di Jakarta, Jumat (26/4/2024).

 

Basra mengatakan, kerja sama bertujuan untuk mewujudkan peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

 

"Kerja sama ini untuk mendukung terwujudnya tujuan pembangunan nasional, pengembangan wilayah dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam daerah tujuan serta dapat meciptakan peluang usaha dan lapangan kerja," kata Basra.

 

Basra menyampaikan, Kecamatan Pitu Riase merupakan kecamatan terluas di Kabupaten Sidrap.

 

Dijelaskannya, Kecamatan Pitu Riase memiliki luas 844,77 km² atau sekitar 44,86 persen dari total luas Kabupaten Sidrap.

 

"Ini sangat potensial guna pengembangan wilayah dan memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah hal ini sejalan dengan program pusat/daerah pengembangan Kawasan Perkotaan Baru (KPB)" jelas Basra 

 

Lokasi satuan permukiman Lagading, lanjutnya, mempunyai luas areal pencadangan 1.300 hekto are dengan daya tampung 300 KK. 

 

"Lokasi tersebut sudah ditempati 45 KK transmigran penduduk setempat tahun 2017. Insya Allah tahun 2024, ditempatkan 15 KK. 

 

Basra juga memaparkan, sektor pertanian merupakan kontribusi terbesar pertama terhadap pembetukan PDRB Kabupaten Sidrap dengan share 28,75 persen tahun 2022.

 

Sektor pertanian inilah, tuturnya, yang menjadi lokomotif utama penggerak perekonomian masyarakat di mana sebagian besar masyarakat berusaha atau bekerja pada sektor tersebut.

 

"Dengan sedikit gambaran profil tentang Kabupaten Sidrap untuk menjadi perhatian sehingga program transmigrasi betul-betul dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama," harapnya.

 

Basra juga berharap transmigran penduduk asal dapat berkontribusi dan bersinergi dalam mensukseskan tujuan utama yakni meningkatkan perekonomian daerah.

 

"Kami sangat mengharapkan kepada transmigran penduduk asal untuk dapat berkontribusi, bersungguh-sungguh dan senantiasa bersinergi dalam mewujudkan tujuan utama dari program penempatan transmigrasi ini," pungkasnya.

 

Penulis: MUHAMMAD SABIR YUNUS

Editor  : NURYADIN SUKRI

Bagikan: