Rakor FKUB Sidrap Perkuat Kerukunan dan Moderasi Beragama

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Rakor FKUB Sidrap Perkuat Kerukunan dan Moderasi Beragama

 

Forum kerukunan umat beragama (FKUB), unsur forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda di Kabupaten Sidrap duduk bersama dalam rapat koordinasi, Rabu (24/4/2024), di Gedung PLHUT Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidrap.

 

Kegiatan mengangkat tema "Pembinaan Moderasi Beragama Terhadap Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda Lintas Agama", dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal mewakili Penjabat Bupati Sidrap.

 

Rakor FKUB ini dihadiri Kajari Sidrap, Hasnadirah, Kasdim 1420, Mayor Arm Arie Widarto, Kasat Binmas Polres Sidrap, AKP Zakaria, Kakan Kemenag, Muhammad Idris Usman, dan Ketua FKUB Sidrap, H. Umar Yahya.

 

Tampak pula Kepala Badan Kesbangpol Sidrap Muhammad Arsul, Sekretaris Badan Kesbangpol, H. A. Baharuddin, Kabid Kesatuan Bangsa Kesbangpol Andi Diana Syasumddin, serta tokoh agama IsIam, Hindu, dan Kristen.

 

Muhammad Iqbal dalam sambutannya mengajak seluruh pihak untuk menjaga dan memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama, dan mejadikan Kabupaten Sidrap sebagai contoh keberhasilan kerukunan umat beragama di Indonesia.

 

“Kerukunan umat beragama merupakan salah satu hal penting bagi pembagunan yang berkelanjutan dan harmonisasi kehidupan sosial di tengah keberagaman agama yang ada di Kabupaten Sidrap,” ujar Iqbal.

 

Melalui rakor tersebut, Iqbal berharap dapat dijadikan ajang tukar pikiran bagi para generasi muda, dari berbagai agama untuk saling berdialog, bertukar pikiran dan bekerja sama dalam memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi. 

 

"Kita dapat memperdalam pemahaman kita tentang nilai-nilai yang ada di masing-masing agama, serta membangun rasa saling menghormati dan tolenrasi," tuturnya.

 

“Melalui kolaborasi ini tentunya akan memperluas jangkauan dan efektivitas upaya kita dalam mempromosikan kerukunan, memperkuat toleransi dan mewujudkan masyarakat yang inklusif dan berkeadab," imbuh Iqbal.

 

Selanjutnya, ia mengapresisasi Badan Kesbangpol dan FKUB Kabupaten Sidrap yang telah menginisiasi acara sehingga ke depannya bersama-sama dapat menjaga kerukunan antar umat beragama.

 

"Saya yakin, para peserta yang hadir ini memiliki pontensi dan kekuatan untuk bisa membawa perubahan yang nyata dan bisa membangun Kabupaten Sidenreng Rappang yang lebih baik lagi," pungkasnya.

 

Acara diisi penyampaian materi oleh Kakan Kemenag dengan judul Perseptip Moderasi Beragama, Kasat Binmas Polres Sidrap (Perseptif FKUB terhadap Kantibmas), dan Kajari Sidrap (Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat).

 

Selanjutnya materi dari Kasdim 1420 (Perseptif FKUB terhadap NKRI), dan Ketua FKUB Sidrap (Perseptif Kerukunan Umat Beragama). Usai penyampaian materi dilakukan sesi dialog oleh para peserta.

 

Penulis: MUHAMMAD SABIR YUNUS

Editor  : NURYADIN SUKRI

Bagikan: