150 Santri Ponpes Al Wahid Pape Jalani Khataman Tahfidz dan Sharaf

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

150 Santri Ponpes Al Wahid Pape Jalani Khataman Tahfidz dan Sharaf

 

Pondok Pesantren Al Wahid Kabupaten Sidrap melaksanakan Khataman Tahfidz dan Sharaf Santri, Rabu (24/1/2024). Acara berlangsung di kompleks ponpes yang terletak di Pape, Desa Wanio, Kecamatan Panca Lautang tersebut.

 

Khataman melibatkan 150 santri, dengan rincian thafidz 30 juz 24 santri, sementara sharaf 126 santri.

 

Menghadiri kegiatan ini, Penjabat (Pj) Bupati Sidrap diwakili Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sidrap, Patriadi, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel diwakili Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dr. H. Mulyadi.

 

Turut hadir, Kepala Kantor Kementerian Agama Sidrap, Dr. Muhammad Idris Usman, serta Direktur Ponpes Al Wahid, Dr. Ali Rahim.

 

Patriadi membacakan sambutan tertulis Pj. Bupati menyampaikan, Pemkab Sidrap menyambut baik pelaksanaan kegiatan Khataman Tahfidz dan Sharaf bagi santri dan satriwati Pondok Pesantren Al Wahid.

 

“Perlu diketahui, ilmu sharaf penting dalam mempelajari bahasa Arab, terlebih lagi untuk memahami arti dari Alquran itu sendiri,” terangnya.

 

“Penamatan tersebut memiliki peran penting menumbuhkembangkan semangat para santri yang belum khatam serta menumbuhkan minat masyarakat terhadap Al-Qur’an, sehingga program pemerintah menjadikan Kabupaten Sidrap yang religius akan terwujud,” imbuh Patriadi.

 

Ia selanjutnya mengingatkan para santri untuk tetap menjaga hafalan dengan muroja’ah, karena menjaga hafalan lebih sulit daripada menambah hafalan.

 

“Teruslah belajar dan mendalami Al-Qur’an, serta menjadikannya pedoman hidup di dunia, sehingga menjadi bekal mencapai kebahagiaan dan keselamatan di akhirat,” pesannya.

Bagikan: