Desa Bulo Sidrap Jalani Verifikasi Lapangan Komisi Informasi Sulsel

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Desa Bulo Sidrap Jalani Verifikasi Lapangan Komisi Informasi Sulsel

 

Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan verifikasi lapangan di Desa Bulo, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap, Rabu (26/10/2022).

 

Verifikasi untuk melihat langsung pelaksanaan keterbukaan informasi publik serta aktivitas PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) desa tersebut.

 

Dalam kunjungan itu, hadir Komisioner Komisi Informasi Sulsel, Fauziah Erwin, didampingi Ima Halik  dan jajaran KI Sulsel.

 

Kedatangan mereka disambut Kepala Desa Bulo, Andi Rifai, para kepala dusun, dan aparat desa setempat.

 

Tampak pula Kepala Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sidrap, Anwar D. Nurdin, serta Tenaga Ahli Pembwrdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Sidrap, Syahribulan Palemmai.

 

Fauziah di sela kunjungannya memuji kesiapan sarana dan prasarana pelayanan informasi publik di Desa Bulo.

 

"Termasuk website desa yang teratur dan memudahkan publik mengakses informasi," katanya.

 

Ia juga memberi sejumlah masukan, seperti penyediaan uji konsekuensi informasi dikecualikan, serta mendorong penggunaan aplikasi berbasis android.

 

Sementara Kepala Desa Bulo, Andi Rifai, menyambut baik kunjungan Komisi Informasi Sulsel tersebut.

 

"Masukan-masukan dari Komisi Informasi akan menjadi bahan perbaikan kami sehingga pelayanan informasi publik makin baik ke depan," ungkap Andi Rifai.

 

Verifikasi lapangan ini merupakan bagian dari monitoring dan evaluasi (monev) keterbukaan informasi publik Komisi Informasi. Desa Bulo menjadi salah satu desa di Sulsel yang terpilih menjalani proses ini.

 

Sebelumnya Desa Bulo telah melalui self-assessment questionnaire (SAQ) atau kuisioner penilaian mandiri, serta tahapan presentasi di Makassar.

 

Setelah di Desa Bulo, Komisi Informasi Sulsel juga dijadwalkan melakukan verifikasi lapangan pada PPID Pemerintah Kabupaten Sidrap, Kamis (27/10/2011).

Bagikan: