Hasil MTS Terpadu Jadi Pedoman Musim Tanam Berikutnya

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Hasil MTS Terpadu Jadi Pedoman Musim Tanam Berikutnya

 

Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) Terpadu merupakan tradisi masyarakat Sidrap dan telah menjadi agenda rutin tahunan di Bumi Nene Mallomo.

 

"MTS terpadu merupakan tradisi yang dilakukan para pendahulu kita dalam menghadapi musim tanam yang akan datang," ujar Kabag Perekonomian Sidrap, Rimba Najamuddin, Kamis (18/1/2024).

 

Hal itu disampaikan dalam rangkaian MTS Terpadu tingkat kecamatan du Kabupaten Sidrap. Kegiatan memasuki hari keempat, dilaksanakan di Kecamatan Kulo dan Panca Rijang.

 

Rimba menambahkan, musyawarah tudang sipulung merupakan budaya leluhur yang dilakukan secara turun-temurun.

 

"Dengan harapan, semua pihak menyepakati hasil rumusan dan menjadi pedoman untuk musim yang akan datang," ucap Rimba.

 

Adapun MTS di dua kecamatan tetangga tersebut berlangsung di aula kantor camat masing-masing. Acara dihadiri Ketua KTNA Sidrap, H. Samad, dan Koordinator POPT Kab. Sidrap dari Instalasi Pengamatan, Peramalan, dan Pengendalian Organisme Penyakit Tanaman (IP3OPT) Tiroang, Bunyamin.

 

Turut hadir Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Muhammad Basri, Kabid Sarana dan Prasarana DTPHPKP, Suriyanto, Kabid Perikanan  Dinas Peternakan dan Perikanan, Muhammad Irzul serta perwakilan Dinas PSDA.

 

Tampak pula para kepala desa/lurah, forkopincam, palontara, distributor pupuk, BPP, PPK, gapoktan serta undangan lainnya.

 

Camat Kulo, Muhammad Fasrah Nur daat membuka MTS di wilayahnya mengatakan, pelaksanaan musim tanam lalu menjadi bahan evaluasi untuk musim berikutnya.

 

"Evaluasi musim tanam yang lalu yang berhubungan dengan pola tanam, jadwal tanam dan ketersediaan sarana produksi, damoak perubahan iklim, serangan tikus dan hama, jaringan irigasi dan ketersediaan air dan lain-lain," terangnya.

 

Sementara di Kecamatan Panca Rijang, Sekretaris Camat, H. Zainal yang memimpin musyawarah berharap lahirnya kebijakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi.

 

"Musyawarah tudang sipulung terpadu tahun ini, diharapkan akan lahir kebijakan-kebijakan produktivitas dan kualitas untuk mengangkat produksi, dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional," harapnya.

Bagikan: