Kadis Kominfo Sidrap Ajak Jurnalis Berpikir Holistik Membuat Berita

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Kadis Kominfo Sidrap Ajak Jurnalis Berpikir Holistik Membuat Berita

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidrap, H. Bachtiar, mengajak jurnalis untuk berpikir holistik atau menyeluruh dalam membuat berita.

 

Hal itu disampaikannya saat mewakili Bupati Sidrap membuka Pelatihan Jurnalistik Modern bertema "Mewujudkan Jurnalis Cerdas, Kritis dan Berkarakter" yang digelar Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sidrap, Sabtu (13/8/2022).

 

Pelatihan diikuti berbagai organisasi kepemudaan, serta Humas Kodim dan Polres Sidrap, berlangsung di VIP Room Lt.2 Kedai Ruby, Kecamatan Maritengngae.

 

"Mari ke depannya kita berpikir holistik, kita jangan langsung percaya dengan satu sumber berita, melainkan kita bisa turun ke lapangan melakukan observasi," tutur Bachtiar.

 

Bachtiar berpesan, setelah pelatihan jurnalistik modern tersebut, ke depan ada pola pikir yang holistik yang artinya menyeluruh dalam membuat suatu berita.

 

"Melalui pelatihan jurnalistik modern ini, peserta yang dari berbagai latar belakang pendidikan ini ke depannya dapat berpikir holistik," harap Bachtiar.

 

Ia selanjutnya menyampaikan apresiasi atas pelatihan jurnalistik modern yang digelar BPC HIPMI Sidrap tersebut.

 

Sementata Ketua BPC HIPMI Sidrap, Heriyani Yuki Ruby mengatakan, pelatihan bertujuan untuk mencerdaskan bangsa salah satunya membuka akses informasi pendidikan formal dan informal.

 

"Pelatihan jurnalistik ini tentunya tidak lepas dari yang namanya zaman 'now', zaman digital di mana informasi serba cepat," sebutnya.

 

Heriyani Yuki Rubi juga mengungkap satu kutipan. "Jika seseorang mengatakan hujan dan yang lain mengatakan musim kemarau bukan tugas anda mengutip keduanya. Tugas anda melihat keluar jendela mencari tahu mana yang benar."

 

"Artinya kita tidak boleh langsung mempercayai berita yang beredar, melainkan kita harus lebih cerdas dan jeli memilah berita yang berkualitas, itulah mungkin harapan dan tujuan pelatihan ini dilaksanakan," paparnya. 

 

Pelatihan jurnalistik ini menghadirkan pemateri dari Direktur PT. Katasulsel Media Utama, Edy Basri, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidrap-Enrekang, H. Purmadi dan Perwakilan Polres Sidrap, IPDA Ibrahim.

 

Tampak hadir dalam acara, Ketua Karang Taruna Sidrap, Muhammad Yusuf DM, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sidrap, A.M Yusuf Ruby.

Bagikan: