?> Lagi, Sidrap Jadi Juara Nasional Sektor Kesehatan

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Lagi, Sidrap Jadi Juara Nasional Sektor Kesehatan

* Juara II Tingkat Nasional 

SIDRAP -- Setelah tahun 2013 lalu Kabupaten Sidrap berhasil menerima penghargaan Nasional sektor kesehatan, yang menempatkan Puskesmas Lawawoi sebagai Juara II tingkat Nasional Puskesmas Berkinerja/Berprestasi terbaik, dengan mengalahkan lebih 9.000 puskesmas di seluruh Indonesia, tahun ini Sidrap kembali menerima penghargaan serupa.

Jika tahun lalu Puskemas Lawawoi yang mewakili Sidrap, maka tahun ini giliran Puskesmas Pangkajene yang mewakili Sidrap untuk penilaian Badan Penyelenggara Jakinan Sosial (BPJS) Kesehatan Primary Care Award.

Hasilnya Puskemas Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, keluar sebagai juara II tingkat nasional Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kategori Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap, HA Irwansyah M Kes menjelaskan, keberhasilan meraih juara II tingkat nasional itu setelah melalui proses panjang. Saat BPJS Primary care Award melakukan penilaian Puskesmas di seluruh Indonesia, saat itu, Puskesmas Pangkajene mewakili Kabupaten Sidrap berhasil keluar sebagai juara 1 di wilayah kerja cabang BPJS Parepare yang selanjutnya mewakili BPJS cabang Parepare di tingkat regional IX yang terdiri dari wilayah Sulawesi dan Maluku.

"Hasilnya Puskemas Pangakjene berhasil meraih juara 1 dan mewakili
regional IX dan berhasil masuk 5 besar tingkat nasional,"ungkap Irwansyah.

Berhasil keluar sebagai juara pertama dan masuk 5 besar tingkat nasional kata Irwansyah, selanjutnya Puskesmas Pangkajene dinilai
oleh tim penilai nasional yang berkunjung ke Sidrap pada minggu ke 4
bulan september lalu.

"Setelah melalui proses panjang, akhirnya Puskemas Pangkajene keluar sebagai juara II tingkat nasional FKTP kategori Puskemas,"katanya.

Sidrap kata Irwansyah hanya kalah dari Puskesmas Kota Bumi
II Lampung yang berhasil meraih juara pertama dan juara III diraih Puskesmas Ciawi Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan FKTP kategori Puskesmas itu lanjut mantan Direktur Rumah Sakit Arifin Nu'mang ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI dr Nafsiah Mboy didampingi oleh Direktur utama BPJS Kesehatan.

"Penyerahannya dilaksanakan di Jakarta 3 Oktober lalu dan diterima langsung Kepala Puskesmas Pangkajene dr Hj Mariana Ibrahim M Kes,:"terang Irwansyah.

Dalam acara itu, Kepala Puskesmas Pangkajene juga menerima pin emas dari Menteri Kesehatan sebagai Duta Pelayanan Primer.


Lebih lanjut Irwansyah menjelaskan, Penilaian FKTP Kategori Puskesmas 
item penilaiannya terdiri dari sumber daya kesehatan khususnya proporsi dokter dan peserta BPJS yang dilayani sesuai ketentuan BPJS,  termasuk kompetensi kepala puskesmas. 

Penilaian lain juga mencakup sarana dan prasarana puskesmas, komitmen Pemda Sidrap untuk melaksanakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pemberian pelayanan kepada peserta BPJS serta
program inovasi puskesmas termasuk program pencegahan dan
penanggulangan gizi buruk di Kabupaten Sidrap.

"Mudah-mudahan pada lomba-lomba berikutnya Sidrap kembali bisa menjadi yang terbaik. Dan yang jelas apa yang kita raih ini tidak lepas dari komitmen bapak Bupati Sidrap, H Rusdi Masse untuk terus memberikan pelayanan terbaik disektor kesehatan,"tandasnya.(humas)

Bagikan: