Pitu Riase dan Dua Pitue Awali MTS Tingkat Kecamatan Tahun 2024

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Pitu Riase dan Dua Pitue Awali MTS Tingkat Kecamatan Tahun 2024

 

Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) Terpadu tingkat kecamatan di Kabupaten Sidrap tahun 2024 resmi dimulai. Hari pertama pelaksanaan berlangsung di dua kecamatan, yakni Pitu Riase dan Dua Pitue, Senin (15/1/2024).

 

Tema MTS Terpadu tahun 2024 yakni “Musyawarah Tudang Sipulung Kita tingkatkan produksi dan produktivitas Komoditi yang Bernilai Ekonomi melalui Kolaborasi dan Sinergitas Program”.

 

Kegiatan diawali di Kecamatan Pitu Riase dibuka Camat Pitu Riase, Andi Mukti Ali mewakili Pj. Bupati Sidrap. Musyawarah di aula Kantor Camat Pitu Riase ini dihadiri Kabag Perekonomian dan SDA, Rimba Najamuddin, serta Kepala Instalasi Pengamatan, Peramalan, dan Pengendalian Organisme Penyakit Tanaman (IP3OPT) Pinrang, H. Bunyamin.

 

Hadir pula Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Muhammad Basri, Kabid OP PSDA, Hasbin, dan Kabid Sapra DKPHPKP, Suriyanto.

 

Kegiatan juga diikuti pallontara, pengamat hama, BPP, PPK, ketua gapoktan, kelompok tani, penyuluh, kepala desa/lurah, distributor, petugas irigasi, serta perwakilan koramil dan polsek setempat dan unsur dinas terkait lainnya.

 

Camat Pitu Riase menyampaikan sambutan seragam Pj. Bupati Sidrap menjelaskan, musyawarah tudang sipulung atau duduk bersama merupakan wadah yang memediasi kepentingan masyarakat dengan pemerintah secara bersama.

 

“Musyawarah membicarakan dan mencari solusi atas masalah-masalah pertanian yang dihadapi musim tanam sekarang sebagai pedoman  musim tanam berikutnya agar semua komponen pendukung siap sebelum kegiatan tani dimulai," ungkap Andi Mukti. 

 

Sementara Kabag Perekonomian dan SDA menambahkan, kesepakatan dan hasil keputusan MTS tingkat kecamatan Pitu Riase ini menjadi pedoman di tingkat kabupaten. 

 

“Kita tetap berkaca pada hasil keputusan 2023, karena tahun lalu kita mengalami iklim yang tidak seperti biasanya yaitu dampak el nino," tutur Rimba.

 

Dalam MTS Terpadu tingkat Kecamatan Pitu Riase ini, sejumlah pihak diberikan kesempatan memberikan masukan.

 

Usai di Pitu Riase, kegiatan serupa yang sama dilanjutkan di Kecamatan Dua Pitue. MTS dibuka Camat Dua Pitue, Andi Sammang di aula Kantor Camat Dua Pitue.

 

Andi Sammang mengutarakan, MTS diharapkan dapat memberikan hasil rumusan yang bermanfaat dan berguna dalam peningkatan produksi guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani sebagai tujuan cita-cita bersama. Hasil rumusan tingkat kecamatan akan dirumuskan dan dibawa ke musyawarah tingkat kabupaten.

 

"Musyawarah Tudang Sipulung Terpadu ini diharapkan akan melahirkan kebijakan produktivitas dan kualitas untuk mengangkat produksi dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional," tuturnya.

 

Sebagai informasi, MTS Terpadu tingkat kecamatan tahun 2024 akan berlangsung di 11 kecamatan, 15 hingga 22 Januari 2024. Agenda tahunan di Kabupaten Sidrap ini membahas berbagai persoalan pertanian, seperti jadwal dan pola tanam, perubahan iklim, hama, jaringan irigasi, jenis varietas yang akan digunakan, permasalahan pupuk maupun dosis pemupukan yang tepat serta permasalahan pertanian lainnya.

 

Bagikan: