Salat Idulfitri tingkat Kabupaten Sidrap di Masjid Agung Pangkajene Berlangsung Khidmat

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Salat Idulfitri tingkat Kabupaten Sidrap di Masjid Agung Pangkajene Berlangsung Khidmat

 

Pelaksanaan salat Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah tingkat Kabupaten Sidrap yang dipusatkan di Masjid Agung Pangkajene, berlangsung khidmat, Senin (2/5/2022).

 

Masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap membaur melaksanakan salat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Suka cita terpancar menyambut hari raya yang penuh berkah, setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa dan menahan hawa nafsu.

 

Bupati Sidrap, H. Dollah Mando dalam sambutan tertulisnya dibacakan Inspektur Kabupaten Sidrap, H. Rohady Ramadhan mengucapkan selamat Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Sidrap. 

 

Untuk diketahui, Dollah Mando sendiri tahun ini melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Al Mujahidin Bendoro, Kecamatan Watang Sidenreng. 

 

Lebih lanjut Rohady menyampaikan ajakan Bupati Sidrap kepada masyarakat untuk menyatukan niat yang tulus dan menghilangkan rasa iri, dengki, dendam, sifat sombong dan bangga dengan apa yang dimiliki.

 

"Mari kita ganti semua sifat negatif dengan rasa kasih sayang dan rasa persaudaraan. Kita ulurkan tangan untuk saling bermaaf-maafan. Jangan biarkan kedengkian dan kebencian merasuk kembali ke jiwa kita yang telah suci," lontarnya.

 

Rohadi mengingatkan walaupun saat ini masih pandemi tetapi kenikmatan dan keindahan lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah sangat terasa.

 

"Tahun ini kita masih bisa merasakan terlihat dari pancaran wajah setiap orang dan setiap rumah, karena kita selalu berupaya untuk saling memupuk silaturahmi," kata Rohadi membacakan sambutan Bupati Sidrap.

 

Selanjutnya Rohady menjelaskan pelajaran dan makna yang dapat dipetik dari mewabahnya Covid-19 kita diingatkan untuk selalu bersabar dan bersyukur dalam situasi apapun.

 

"Wabah ini juga mengingatkan bahwa kita adalah makhluk yang lemah, hanya dengan makhluk yang sangat kecil banyak orang menjadi tak berdaya bahkan meninggal dunia, hal ini seakan mengikis kesombongan diri manusia," ujarnya.

 

Rohadi Ramadhan juga menyampaikan masyarakat Kabupaten Sidrap untuk melaksanakan vaksinasi baik tahap 1, tahap 2 serta vaksinasi booster.

 

"Mari jaga kondisi kehidupan secara harmonis dan saling menjaga kesehatan. Begitu pun masyarakat yang belum divaksinasi secara menyeluruh agar menghubungi puskesmas setempat," tandasnya.

 

Dalam kesempatan itu Dr. Ishak Samad, MA yang merupakan dosen tetap UMI Makassar bertindak sebagai khatib. Adapun imam salat Ustaz Syamsul Alam, dan sebagai Muballaq, Abdullah.

 

Dalam ceramahnya, DR. Ishak Samad mengatakan, Idulfitri adalah hari kemenangan umat muslim setelah berpuasa setelah menahan lapar, dahaga, hingga nafsu selama bulan Ramadan.

 

"Hari ini hari yang fitri, momentum saling memaafkan. Ulurkan tangan untuk bersilaturahmi. Mendoakan keselamatan dunia dan akhirat buat kedua orang tua kita yang mulai melahirkan hingga membesarkan kita. Tidak ada kesucian diri tanpa saling memaafkan, Insya Allah," tuturnya.

Bagikan: