POLEMIK ADDATUANG SIDENRENG,      BERIKUT PERYATAAN DAN HARAPAN PEMKAB SIDRAP

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

POLEMIK ADDATUANG SIDENRENG,      BERIKUT PERYATAAN DAN HARAPAN PEMKAB SIDRAP

Terkait polemik yang beredar di masyarakat mengenai adanya dua kubu yang saling mengklaim sebagai Addatuang Sidenrang ke XXV, Pemerintah Kabupaten Sidrap menyampaikan pernyataan dan harapan.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi, Ahad (16/2/2020). 

Terdapat lima poin dalam pernyataan tersebut, selengkapnya sebagai berikut:

1. Karena hal ini merupakan urusan internal keluarga besar Keturunan Addatuang Sidenreng, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sidrap tidak ikut mencampuri perbedaan tersebut, apalagi ikut mendukung salah satu di antara kedua kubu yang ada. Selanjutnya Bapak Bupati justru mengimbau dan mengharapkan kedua belah pihak yang berbeda pandangan itu untuk duduk bersama sebagai keluarga dan secara kekeluargaan melakukan musyawarah mufakat menyelesaikan perbedaan pandangan.

2. Bupati tidak memiliki kewenangan melantik atau mengukuhkan Addatuang Sidenreng, karena kedudukan Lembaga Addatuang Sidenreng sama halnya dengan organisasi kemasyarakatan lain yang tentu memiliki aturan internal tentang suksesi kepemimpinannya, yang tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing masing.

3. Menjadi tanggung jawab pemerintah untuk membina dan bermitra dengan semua organisasi kemasyakatan yang ada, yang penting kegiatannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. 

4. Oleh karena itu, Bupati Sidenreng Rappang tidak akan melakukan pelantikan atau pengukuhan Addatuang Sidenreng ke XXV, hal ini juga sejalan dengan arahan Bapak gubernur Sulawesi Selatan. 

5. Adapun terkait adanya informasi bahwa akan ada beberapa orang perwakilan raja-raja dari daerah lain baik di dalam maupun dari luar Sulawesi Selatan yang akan berkunjung ke Kabupaten Sidrap, tentu pemerintah daerah sangat terbuka untuk menerima dan menjamu mereka sebagai tamu daerah. Namun sekali lagi tidak dalam rangka kaitannya dengan pelantikan Addatuang Sidenreng ke XXV.

Untuk diketahui, arahan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyangkut Addatuang Sidenreng XXV, disampaikannya saat menerima Bupati Sidrap, H Dollah Mando di rumah jabatannya, Jumat (7/2/2020) lalu.

Saat itu Dollah Mando datang didampingi Kadis Kominfo Sidrap, H Kandacong Mappile dan Inspektur Kabupaten Sidrap, Rohady Ramadhan  datang melaporkan rencana peringatan Hari Jadi ke-676 Sidrap.

Bagikan: