Salama’ki Hadir Optimalkan Data Kebencanaan di Kabupaten Sidrap

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Salama’ki Hadir Optimalkan Data Kebencanaan di Kabupaten Sidrap

 

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian dalam Negeri Makassar melaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VI tahun 2023.

 

Salah satu pesertanya yakni Ilham Sunarto S.STP sebagai reformer, dan Dr. NS. H. Basra S.Kep, M.Kes sebagai mentor dan Muhammad Irsyad Suyuti S.STO, M.Si sebagai coach.

 

Dalam pelatihan itu, Ilham meluncurkan program Satu Layanan Informasi Mitigasi Bencana di Kabupaten Sidenreng Rappang (Salama'ki).

 

Layanan informasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan informasi data kebencanaan yang akurat, efektif dan efisien. Juga mendukung pelayanan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidenreng Rappang.

 

Menurut Ilham, keterbatasan pengelolaan layanan data informasi kebencanaan yang menciptakan satu data mitigasi dalam pengelolaannya melalui Pusat Data dan Informasi.

 

"Jadi dengan melihat segala kondisi terhadap permasalahan yang ada saat ini, maka saya sebagai reformer melakukan rancangan aksi perubahan dengan judul Salama'ki," ucapnya.

 

Tujuan aksi perubahan yakni dengan jangka pendek terselenggaranya layanan Informasi mitigasi bencana dalam bentuk website salamaki.org.

 

Kemudian jangka menengah terselenggaranya layanan Informasi mitigasi dan perlindungan dalam pengurangan risiko bencana.

 

"Jangka panjang terciptanya layanan informasi mitigas dalam pengurangan risiko bencana berbasis IOS/android," tandasnya.

Bagikan: