Berita

Home Berita

Bunda PAUD Desa dan Kelurahan Dikukuhkan, Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini

post-thumb

Berita

Senin, 9 September 2024

 

Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Sidrap, Hj. Hafni Basra mengukuhkan Bunda PAUD desa dan kelurahan se-Kabupaten Sidrap, Senin (9/9/2014) di Aula Kompleks SKPD. 

Pengukuhan ini menandai komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di seluruh wilayah Kabupaten Sidrap. Melalui acara ini, diharapkan Kabupaten Sidrap dapat semakin memperkuat pondasi pendidikan anak usia dini untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Hafni Basra didampingi para Bunda PAUD kecamatan saat pengukuhan. Tampak hadir, Penjabat Sekda Kabupaten Sidrap, H. Andi Bahari Parawansa, Kabid PAUD Dinas Pendidikan Sidrap, Rachmat Hambaling, para camat, kepala desa dan lurah.

Dalam sambutannya Hafni Basra menyampaikan, Bunda PAUD memiliki peran dan fungsi sebagai pengawas, pendamping, dan pembina dalam pendidikan anak usia dini. “Juga berperan menjalin sinergitas dan kerja sama dengan sektor terkait,” imbuhnya.

Ditambahkannya, peran Bunda PAUD sangat vital dalam mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini. Ia menekankan pentingnya sinergi antara Bunda PAUD di tingkat desa dan kelurahan dengan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas sejak dini.

“Tingkatkan kinerja Bunda PAUD, mari kita mengevaluasi, mendampingi dan membina untuk melayani masyarakat kita dalam hal ini usia 0-6 tahun,” tuturnya.

Hafni juga mengingatkan pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam mendukung pendidikan anak usia dini. Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak, baik di rumah maupun di sekolah.

Sementara Pj. Sekda Sidrap dalam sambutannya menyatakan, Bunda PAUD memiliki peran yang sangat strategis dalam memastikan bahwa setiap anak di desa dan kelurahan mendapatkan pendidikan yang layak sejak usia dini. 

“Pendidikan anak usia dini ini merupakan pondasi dasar yang akan sangat mempengaruhi perkembangan mereka di masa mendatang,” terang Andi Bahari.

Dikatakannya, Pemda Sidrap akan selalu mendukung setiap langkah dan terus bersinergi baik dari penyediaan sarana dan prasarana maupun pemberdayaan masyarakat dalam program PAUD.

“Saya berharap Bunda PAUD kecamatan, desa dan kelurahan dapat menjadi motor penggerak dalam memperkuat koordinasi dari pendidik, orang tua, dan masyarakat luas,” tandasnya. 

Pengukuhkan Bunda PAUD desa dan kelurahan ditandai penyematan pin dan pemakaian selempang oleh Bunda PAUD Kabupaten Sidrap yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidrap.

Pewarta : REZKI LANGKUNG 
Editor    : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon