Berita

Home Berita

Evaluasi Triwulan II, Pj Bupati Sidrap Uraikan 10 Indikator Capaian Kinerja 

post-thumb

Berita

Jum'at, 19 Juli 2024

 

Untuk kali kedua, Penjabat (Pj.) Bupati Sidenreng Rappang, Dr.Ns.H. Basra, S.Kep. M.Kes. menjalani evaluasi kinerja dari Kementerian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Jumat (19/7/2024).

Sebagaimana sebelumnya,  evaluasi triwulan II ini juga dilangsungkan di Kantor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. 

Basra yang dilantik sebagai Pj Bupati Sidrap 31 Desember 2023 lalu, memaparkan capaian kinerja didampingi Pj. Sekda Sidrap, Muhammad Yusuf DM, SH., Mkn. Turut mendampingi, Inspektur Kabupaten, Drs. Mustari Kadir, M.Si., sejumlah kepala OPD dan pejabat Pemkab Sidrap terkait.

Di hadapan tim evaluasi Kemendagri, Basra menguraikan 10 indikator capaian kinerja. Berturut-turut indikator itu yakni, inflasi, stunting, BUMD, pelayanan publik, pengangguran, kemiskinan ektrim, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan, dan perizinan.

Mengenai inflasi, Basra memaparkan, angka inflasi month to month (m-to-m) dan year to date (y-to-d) di Kabupaten Sidenreng Rappang terjadi deflasi yaitu deflasi month to month (m-to-m) 0,14 % dan deflasi year to date (y-to-d) 0,08%. 

 “Upaya yang telah dilakukan yakni monitoring harga pangan pokok strategis, penyusunan Prognosa, pembuatan kios Inflasi “Sijagai” (Siap Jaga Pengendalian Inflasi Daerah) di pasar tradisional, dan aksi-aksi lainnya,” tutur Basra.

Untuk masalah stunting, Basra melaporkan Secara umum setiap kecamatan di Sidenreng Rappang mengalami penurunan. Peningkatan stunting hanya terjadi di Kecamatan Panca Rijang disebabkan karena masih tingginya angka Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR), adanya penyakit infeksi yang berulang pada balita serta pemberian PMT di Kecamatan Panca Rijang baru dilaksanakan di satu desa. 

“Adapun persentase pengukuran balita yang diukur mencapai 100% dari target sasaran 24.835 balita yang tersebar di 106 desa/kelurahan dari 11 kecamatan,” ucapnya.

Upaya yang telah dilakukan, salah satunya pemeriksaan Hb untuk skrining anemia bagi remaja putri di sekolah. Ada pula gerakan intervensi serentak pencegahan stunting, pemberian makanan tambahan, pemeriksaan kehamilan Antenatal Care (ANC), edukasi pemberian ASI ekslusif, dan lain-lain. 

Sementara itu, tim evaluasi mengapresiasi laporan kinerja triwulan II Pj. Bupati Sidrap. Tim kemudian memberikan masukan, pandangan, maupun catatan, demi perbaikan dan peningkatan tata kelola pemerintahan Pemkab Sidrap ke depan.

Editor: NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon