Berita

Home Berita

Supervisi Perpustakaan Sekolah Gencar di Sidrap, Misi Pertahankan IPLM dan TGM Tertinggi di Sulsel

post-thumb

Berita

Selasa, 30 Juli 2024

 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), terus berupaya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sekolah. 

Sebagai langkah nyata, mereka gencar melakukan pengawasan langsung ke berbagai perpustakaan sekolah di wilayah Sidrap.

Kepala DPK Sidrap, Ahmad Dollah menjelaskan, kegiatan itu dalam rangka peningkatan kinerja dan optimalisasi peran perpustakaan sekolah di wilayahnya.

"Pengawasan atau supervisi ini untuk memotret kinerja perpustakaan sekolah dengan melihat capaian instrumen pengelolaan perpustakaan sekolah," ujarnya, Selasa (30/7)2024).

Dari hasil supervisi ini, lanjutnya, Perpustakaan Daerah akan melakukan pembinaan selaku perpustakaan rujukan sesuai kebutuhan perpustakaan sekolah.

"Melalui supervisi perpustakaan sekolah ini pula, diharapkan tercipta sinergi dan kolaborasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Dinas Pendidikan," imbuh Ahmad.

Dikatakannya, optimalisasi perpustakaan sekolah berperan penting mendukung pencapaian Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang meliputi Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).

Ahmad mengungkap, capaian IPLM dan TGM Kabupaten Sidrap tahun 2023 merupakan yang tertinggi di Provinsi Sulsel. 

"Setelah beberapa indikator penilaian ditabulasi, skor Sidrap tahun 2023 untuk IPLM 93,69, sementara TGM 50,18. Mudah-mudahan tahun 2024 capaiannya bisa tetap baik," harap Ahmad.

Kondisi tersebut, menurutnya tak lepas dari sinergi, kolaborasi serta dukungan semua perpustakaan, termasuk perpustakaan sekolah.

"Sinergi dan kolaborasi dengan semua perpustakaan di Kabupaten Sidrap terus akan ditingkatkan dalam rangka pencapaian nilai IPLM dan TGM yang tinggi," lontar Ahmad.

Diuraikannya pula, pihaknya akan terus memaksimalkan keberadaan perpustakaan sekolah sebagai bagian dari penyelenggaraan pendidikan, dan meningkatkan minat dan kegemaran membaca dan literasi siswa.

"Akan dibangun kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap berupa optimalisasi layanan perpustakaan sekolah," tandasnya.

Editor: NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon