Berita

Home Berita

Dorong Transaksi Nontunai, Bapenda Sidrap Kembali Galakkan Sosialisasi ASN Digital

post-thumb

Berita

Kamis, 10 Oktober 2024

 

Meningkatkan pemahaman dan keterampilan ASN dan non-ASN memanfaatkan teknologi transaksi nontunai, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sidrap kembali menggalakkan sosialisasi ASN digital. 

Seperti tahun sebelumnya, Bapenda Sidrap menggandeng Bank Sulselbar sebagai mitra pemda mengunjungi setiap organisasi perangkat daerah (OPD) menggelar sosialisasi digitalisasi ASN.

Di hari pertama, OPD yang dikunjungi di antaranya BKPSDM, Kesbangpol, dan DPMPTSP. Narasumber sosialisasi di antaranya Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Sidrap, Jemmi Harun, Kabid Pengelolaan Pendapatan Daerah, Sulaiman, dan pihak Bank Sulselbar.

Jemmi Harun mengatakan, sosialisasi bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan ASN dan non-ASN dalam memanfaatkan teknologi transaksi nontunai yang akan membawa manfaat besar dalam efisiensi dan kenyamanan dalam aktivitas keuangan.

"Dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pelaksanaan tugas ASN sehari-hari, dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan pelayanan publik," kata Jemmi, Rabu (9/10/2024).

Dalam sosialisasi tersebut, kata Jemmi, ASN diarahkan melakukan aktivasi m-banking dan transaksi QRIS. 

"Semoga dengan dukungan Bapenda selaku Sekretariat TP2DD Sidrap dan Bank Sulselbar Sidrap, penerapan QRIS dan mobile banking Bank Sulselbar dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi seluruh ASN Sidrap," tutur Jemmi.

Dalam acara ini, para peserta sosialisasi mendapatkan pemahaman mendalam tentang kemudahan dan keuntungan transaksi dengan QRIS. 

Mereka dipandu langsung pihak Bank Sulselbar dan Bapenda cara aktivasi dan tes transaksi QRIS, E-commerce seperti Tokopedia, Ovo, Gopay, Link Aja, Shopee Pay, dan beragam dompet digital lainnya.

Legih jauh Jemmi mengutarakan, transformasi ASN digital merupakan keharusan dalam menghadapi era digital saat ini.

"ASN harus beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk mendukung kinerja yang lebih optimal dan pelayanan publik yang lebih baik," jelasnya.

Ia menambahkan sejak 2022, Bank Indonesia setiap tahun melaksanakan lomba Chapter (Cash and payment System Appreciation)

Di tahun 2023, lanjut Jemmi, pembayaran pajak daerah sudah full digital/QRIS. Di tahun 2024 lebih dititikberatkan bagi SKPD yang mengelola retribusi daerah agar full digital. 

'"Tahun 2022 dan 2023 Kabupaten Sidrap mendapatkan juara umum atau QRIS Champion of The Year. Maka tahun 2024 kita berharap agar piala tetap berada di Kabupaten Sidrap, di mana salah satu poin penilaian adalah jumlah ASN yang telah mengaktifkan dan melakukan transaksi QRIS," tandasnya.

Pewarta: MUHAMMAD SABIR YUNUS
Editor     : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon