Berita

Home Berita

Festival Literasi Kota Mula Gau Semarakkan Bulan Bahasa

post-thumb

Berita

Ahad, 22 Oktober 2023

 

Komunitas penggiat literasi di Kabupaten Sidrap baru saja menyelenggarakan Festival Literasi Kota yang merupakan rangkaian peringatan Bulan Bahasa tahun 2023. 

 

Festival digelar selama dua hari, 20-21 Oktober 2023, di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sidrap, Jl. Wolter Mongisidi, Pangkajene Sidenreng.

 

Acara dibuka Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap, Abdul Muis, melibatkan murid TK, SD, dan SMP, serta para orang tua dan komunitas penggiat literasi.

 

Festival Literasi Kota mengusung tema “Mula Gau”, bertujuan menggali potensi anak-anak, meningkatkan minat baca, dan menggairahkan literasi di kalangan generasi muda.

 

Rangkaian acara menarik seperti talk show "Ketika Puisi Hadir", malam kesenian, lomba mewarnai tingkat TK, menggambar tingkat SD, baca puisi Lomba Rangking Satu tingkat SMP, dan bincang budaya "Nene Mallomo (La Pagala)" . 

 

Kegiatan berjalan dengan lancar, antusiasme para peserta dan dukungan dari komunitas penggiat literasi, pemerintah daerah, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidrap. 

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap, Ahmad Dollah berharap kegiatan seperti itu rutin dilaksanakan.

 

"Sebagai bentuk gerakan literasi yang inklusif dan melibatkan masyarakat secara luas dalam program kebudayaan dan pendidikan," tuturnya.

 

Festival ditutup dengan penyerahan hadiah oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, kepada para pemenang lomba. Apresiasi juga diberikan kepada para penggiat literasi  yang mendukung festival ini.

 

Bulan Bahasa tahun 2023 akan diperingati pada bulan Oktober. Bulan Bahasa dan Sastra bertujuan untuk memelihara semangat dalam Sumpah Pemuda dan meningkatkan peran serta masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra Indonesia.

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon