Berita

Home Berita

Menyorot Keseruan Pelatihan Apoteker Tanggap Bencana di Kabupaten Sidrap

post-thumb

Berita

Selasa, 27 Februari 2024

 

Taman Wisata Puncak Bila Kabupaten Sidrap menjadi saksi terlaksananya Pelatihan Apoteker Tanggap Bencana (ATB) Batch III, yang digelar Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Kegiatan mengusung tema “Apoteker Semakin Tangguh”, berlangsung seru serta dibaluti antusias tinggi peserta, 24 s.d. 25 Februari 2024 lalu. 

 

Ketua panitia, Apt. Jamal Halim, S.Farm., M.Kes mengutarakan, hari pertama pelatihan diawali dengan apel pembukaan yang menandai langkah awal peserta dalam mempersiapkan diri menghadapi situasi darurat.

 

“Antusiasme peserta terlihat dalam simulasi pemasangan tenda, sebuah kegiatan praktis yang merangsang kesiapan fisik dan koordinasi tim. Keterampilan ini dianggap penting untuk mendukung operasional di lapangan pada situasi bencana,” terang Jamal melalui keterangan yang diterima Selasa (27/2/2024).

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidrap, sebutnya, turut berkontribusi dengan penyampaian materi kebencanaan, dan memberikan wawasan mendalam tentang potensi risiko di wilayah tersebut.

 

“Ditambah dengan pengetahuan seputar penanganan kebakaran oleh Damkar, peserta diberikan perspektif yang komprehensif terkait tanggap bencana,” tutur Ketua PC IAI Sidrap itu.

 

Para apoteker selaku peserta diberi bekal keprofesian dalam menghadapi bencana melalui materi perbekalan yang disampaikan perwakilan ATB PD IAI Sulawesi Selatan. Mereka membagikan pengetahuan praktis yang diperlukan dalam memberikan pertolongan pertama dan pengelolaan obat-obatan pada masa darurat.

 

Kegiatan yang diwarnai semangat tinggi, tanya jawab, dan diskusi antar peserta, juga diisi materi dari perwakilan MPBI (Masyarakat Peduli Bencana Indonesia)/RWB (Rumpung Wija Belawa), serta ATB PP IAI.

 

“Semoga pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta menjadi landasan kuat bagi para apoteker dalam menjalankan peran strategis mereka saat bencana melanda,” tandas.

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon