DPC Persagi Sidrap Sosialisasikan Satu Sehat SDMK dan RPL Dietisien

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

DPC Persagi Sidrap Sosialisasikan Satu Sehat SDMK dan RPL Dietisien

 

Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kabupaten Sidrap, menggelar 

sosialisasi Satu Sehat Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Dietisien di Aula Kantor Kelurahan Pangkajene, Senin (20/5/2024).

 

Kegiatan menghadirkan Ketua DPC Persagi Sulsel sekaligus Ketua Jurusan Gizi Poltekes Makassar, Manji Lala, S.Gz, M.Gz. sebagai narasumber. Adapun sosialisasi diikuti seluruh ahli gizi baik di puskesmas, rumah sakit, serta Dinas Kesehatan Dalduk KB Sidrap. 

 

Ketua DPC Persagi Sidrap, Risma Ernawati, S. ST, MM., saat membuka acara menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah meluangkan waktu, dan berbagi ilmu demi terwujudnya ahli gizi yang berkualitas. 

 

“Terima kasih pula kepada seluruh teman-teman Persagi yang telah hadir, demi harapan dan komitmen mewujudkan kualitas pendidikan kita yang lebih baik di masa akan datang,” sambungnya.

 

“Semoga ahli-ahli gizi Sidrap bisa bekerja profesional dan melanjutkan ke profesi dietisien tentunya,” imbuh Risma.

 

Risma yang merupakan Kepala Ruangan Gizi RSUD Arifin Nu’mang Sidrap ini juga mengapresiasi Kepala Kelurahan Pangkajene, Iwan Darmawan, SE yang memfasilitasi kegiatan. 

 

Sementara itu, Manji Lala dalam paparannya menyatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan petugas gizi puskesmas dan rumah sakit terkait satu sehat SDMK, khususnya aplikasi pelataran sehat Kemenkes RI.

 

“Satu Sehat SDMK merupakan platform yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia untuk mengelola data sumber daya manusia kesehatan termasuk tenaga gizi,” ulasnya.

 

Terkait sosialisasi program RPL sarjana terapan gizi dan dietetika, serta program RPL pendidikan profesi dietisien, dilakukan agar tenaga gizi Kabupaten Sidrap memiliki wawasan terkait pendidikan lanjut yang kredibel dan sesuai dengan keilmuannya.

 

“RPL Dietisien ialah salah satu jalur pendidikan bagi tenaga gizi untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesi gizi/dietisien di pelayanan kesehatan, khususnya di rumah sakit,” terang Manji Lala.

 

Di kesempatan yang sama, Kepala Seksi Gizi dan Kesga Dinkes Dalduk KB Sidrap, Asmidar Ahmad, SKM berharap seluruh tenaga pelaksana gizi (TPG) baik rumah sakit maupun puskesmas lebih paham dan mahir dalam penggunaan akun Satu Sehat SDMK. 

 

“Hal ini menjadi sangat penting bagi ahli gizi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehari-hari,” kata Asmidar Ahmad yang juga merupakan Sekretaris Persagi Sidrap.

 

Harapan senada disampaikan Petugas Gizi Puskesmas Rappang, Raisyah Utami, S.Gz. Menurutnya, sosialisasi menjadi semangat baru bagi TPG untuk melanjutkan pendidikan di jenjang lebih tinggi yakni D3 ke S1 dan S1 ke profesi gizi. 

 

“Selain sebagai sarana pengembangan diri dalam me-refresh ilmu kembali juga menjadi hal penting dalam menunjang SDM kesehatan yang lebih berkualitas khususnya di bidang gizi,”

tandas Raisyah.

 

Pewarta/Editor: NURYADIN SUKRI

Bagikan: