Pameran Karya Siswa dan Guru Warnai Peringatan Hari Guru Nasional di Sidrap

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Pameran Karya Siswa dan Guru Warnai Peringatan Hari Guru Nasional di Sidrap

 

Usai upacara Hari Guru Nasional  dirangkaikan Hari Ulang Tahun PGRI Ke-78 tahun 2023, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap, Faizal Sehuddin didampingi Ketua PGRI Sidrap, Muslimin, berkunjung ke UPT SD Negeri 3 Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Sabtu (25/11/ 2023).

 

Kunjungan dalam rangka membuka Kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus Wilayah III dan Pameran Hasil Karya Siswa dan Guru yang merupakan rangkaian perayaan Hari Guru Nasional tahun 2023.

 

Kegiatan dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Irma Fitriani, Kepala Bidang Ketenagaan, Syamsuddin, Kepala Bidang Kebudayaan, Taqwa, Kepala Desa Lainungan, Andi Haruna, Kasi Peserta Didik, Harmoko Mustafa, Kasi Sarpras dan Kelembagaan, Syamsul Bahri dan Korrwil Watang Pulu, Dahsan.

 

Dalam sambutannya Faizal meminta kepada para guru untuk pantang menyerah dalam mendidik anak bangsa.

 

“Kita lihat salah satu rekan kita, Ibu Erni Maulana, yang mengajar di kelas jauh SDN 5 Bilokka yang ada di Dusun Bukkere, Desa Cenrana, Kecamatan Panca Lautang, dengan segala keterbatasan yang beliau miliki, beliau bisa menamatkan peserta didiknya,” ungkapnya.

 

“Dengan kondisi tersebut, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk mengeluh, sedangkan yang sangat terbatas saja,  penuh dengan semangat dalam mengajar, apalagi kita ini yang tinggal di wilayah kota,” lanjutnya.

 

Ia berharap di momentum Hari Guru Nasional ini, para guru tetap semangat dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sidenreng Rappang.

 

“Kami juga berharap dukungan kepada Bapak Kepala Desa beserta perangkatnya untuk berkolaborasi dan bersinergi rekan-rekan guru di bidang pendidikan,” katanya.

 

Selanjutnya ia memberikan apresiasi kepada para guru dan siswa yang telah memamerkan hasil karyanya pada kesempatan tersebut.

 

“Kami rasa ini adalah kemajuan yang sangat positif, semoga kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sehingga kreativitas peserta didik semakin meningkat,” katanya.

 

Terkait pengembangan sarana dan prasarana, ia juga menyampaikan kepada seluruh satuan pendidikan untuk proposal, apa yang menjadi kebutuhan di sekolah masing-masing.

 

“Jadi ini jangan disia-siakan, meski kami tidak bisa memenuhi semua permintaan bapak dan ibu, tetapi Insya Allah apa yang menjadi kebutuhan prioritas akan kami penuhi,” ucap mantan Kepala BKPSDM Sidrap tersebut.

 

Ia juga mengatakan, tahun 2024 mendatang  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Bidang Ketenagaan akan bersinergi dengan PGRI di dalam pembinaan SDM.

 

“Ada beberapa organisasi partner dan mitra di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Insya Allah kita akan maksimalkan di tahun 2024 ini,” terangnya.

 

Terkait Kebudayaan ia meminta Kepala Bidang Kebudayaan untuk Menyusun modul terkait dengan muatan lokal.

 

“Karena cerita dalam pementasan yang kita bawakan masih berasal dari daerah tetangga, harapan kita pada saat penyusunan modul tersebut dapat melibatkan tokoh budayawan terkait apa yang bisa diangkat dari kabupaten Sidenreng Rappang,” katanya.

 

Terakhir ia menyampaikan pesan Bupati Sidrap, H. Dollah Mando bahwa seluruh satuan pendidikan harus memiliki tempat ibadah.

 

“Nanti kami akan mendeteksi sekolah sekolah yang belum memiliki tempat ibadah atau yang jauh dari tempat ibadah, akan kami dorong untuk pembangunan sarana ibadah,” katanya.

 

“Tapi sekarang kita tidak mungkin langsung membangun sarana tersebut, kami minta kepada satuan pendidikan agar untuk sementara memanfaatkan ruangan atau bangunan yang tidak terpakai lagi,“ tandasnya.

Bagikan: