Peringatan Hari Guru Nasional ke-78: Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Peringatan Hari Guru Nasional ke-78: Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar

 

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional ke-78 tingkat Kabupaten Sidrap, dengan tema 'Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar', dilaksanakan Sabtu (25/11/2023). 

 

Acara dirangkaikan HUT PGRI tahun 2023, berlangsung di Lapangan Kompleks SKPD Kabupaten Sidrap, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu.

 

Bupati Sidrap diwakili Asisten Pemerintah dan Kesra, Muhammad Iqbal memimpin peringatan.

 

Hadir dalam upacara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Faizal Sehuddin, serta para pejabat eselon II dan eselon III lingkup Pemkab Sidrap.

 

Tampak pula, Ketua PGRI Sidrap, serta para kepala sekolah tingkat SD, SMP, SMA se-Kabupaten Sidrap. 

 

Muhammad Iqbal yang membacakan sambutan seragam Mendikbudristek mengatakan, ruang untuk belajar dan berbagi sesama guru kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. 

 

Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

 

"Selanjutnya, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata," lanjutnya. 

 

Ditambahkannya, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. 

 

"Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," terangnya.

 

Dalam upacara tersebut juga diisi pemberian Satyalancana Karya Satya kepada Nurdin dari SMP 2 Wattang Pulu, dan Suniyati Satar SD Negeri 1 Tanrutedong.

 

Ada juga pemberian penghargaan kepada para guru berprestasi tahun 2023. Di antaranya Hendra Laente sebagai guru pendamping FLS2N mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat Nasional (Ilustrasi), dan Rini Widiasturi guru pendamping FLS2N mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat nasional kategori gambar bercerita.

 

Selanjutnya Budiman guru dan fasilitator nasional (Anti Bullying), Asman L, guru pendamping FTBI (juara I prov. Sulawesi Selatan tingkat SD komedi tunggal putra, Erfina guru pendamping FTBI (Juara I prov. Sulawesi Selatan tingkat SD menulis cerpen putra, Nur Isma guru pendamping FTBI (Juara II prov Sulawesi Selatan tingkat SD menulis cerpen putri, Yogi Putra Harsah guru pendamping FTBI (Juara I tingkat SMP prov Sulawesi Selatan mendongeng putri, serta Erni Maulana Guru Inspiratif (Kelas Jauh).

Bagikan: