Pj Bupati Sidrap Cek Langsung Kondisi Hewan Kurban

Selamat datang di website resmi pemerintah Kabupaten Sidrap

BERITA

Pj Bupati Sidrap Cek Langsung Kondisi Hewan Kurban

 

Memastikan ketersediaan dan keamanan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah, Penjabat Bupati Sidrap, H. Basra turun langsung melakukan pengecekan, Selasa (11/6/2024).

 

Salah satu penyuplai sapi yang dikunjungi berada di Benteng Lewo, Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae. 

 

Didampingi Kabid Pembibitan dan Kesehatan Hewan Disnakkan Sidrap, Muhammad Haris Alimin, Basra juga menyerahakan disinfektan dan surat keterangan layak kurban kepada pemilik sapi.

 

Surat keterangan diberikan setelah dokter hewan dan petugas Disnakkan Sidrap memeriksa satu per satu sapi kurban yang ada di lokasi. Hasilnya tidak ada yang mengalami penyakit, sehingga dipastikan sehat dan aman.

 

Ahmad H. Senni selaku pemilik penagkaran menyampaikan, untuk kebutuhan Hari Raya Kurban, setiap tahun bisa menyediakan hewan kurban kurang lebih 50 ekor.

 

“Penyaluran bukan untuk saat Hari Raya Kurban saja, setiap hari ini juga melayani kebutuhan masyarakat baik untuk dagang, pesta, syukuran  maupun yang bersifat pribadi lainnya,” terangnya.

 

Pj. Bupati Sidrap, mengatakan, pengawasan dan pemeriksaan penting dilakukan untuk memastikan hewan kurban aman, sehat, serta sesuai kriteria yang ditetapkan dalam agama Islam.

 

“Untuk itu kami menginstruksikan Dinas Peternakan dan Perikanan bersama pihak-pihak terkait melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan hewan kurban di setiap kecamatan,” terang Basra.

 

Basra selanjutnya berharap, masyarakat yang akan berkurban untuk memperhatikan dan mengutamakan kesehatan serta kelayakan hewan kurban yang dipilih.

 

“Peran peternak, penjual hewan kurban, panitia kurban juga sangat penting. Harapan kita semua bisa bekerja sama sehingga pelaksanaan ibadah kurban berjalan lancar dan aman,” tandasnya.

 

Pewarta: ABDUL HASAN

Editor    : NURYADIN SUKRI

Bagikan: