Berita

Home Berita

Penjabat Bupati Sidrap Terima Duplikat Bendera Pusaka dari Kepala BPIP

post-thumb

Berita

Kamis, 8 Agustus 2024

 

Jelang peringatan HUT ke-79 RI, Penjabat Bupati Sidrap, H. Basra, menerima duplikat Bendera Pusaka dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

Acara berlangsung di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (6/8/2024).

Basra menyampaikan terima kasih atas kesempatan untuk menerima duplikat bendera pusaka tersebut. 

Ia mengungkap bendera itu bukan hanya simbol kebangsaan, tetapi juga simbol perjuangan dan persatuan seluruh rakyat Indonesia.

"Duplikat bendera pusaka ini simbol penting. Mengingatkan pada perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan Indonesia," ujarBasra.

Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi dalam sambutannya menjelaskan pentingnya menjaga dan merawat simbol-simbol negara seperti bendera pusaka. 

Ia berharap agar penerimaan duplikat bendera ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat.

Menurut Yudian, prosesi ini merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Pasal 8 ayat (1) sampai (3).

"Peraturan Presiden tersebut menyatakan BPIP RI mendistribusikan duplikat bendera pusaka kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta lembaga lainnya," kata Yudian.

Adapun duplikat bendera ini sebagaimana diatur Pasal 48 Peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksana PP Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang digunakan selama 10 tahun.

Acara ini dihadiri oleh seluruh bupati dan wali kota se-Indonesia, Penyerahan duplikat bendera pusaka ini diharapkan dapat menjadi insinspirasi bagi semua pihak untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Pewarta :  ABDUL HASA
Editor.    :  NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon