Berita

Home Berita

Bahas Informasi Geospasial, Muhammad Yusuf DM Hadiri Rakor Dipimpin Pj Gubernur Sulsel

post-thumb

Berita

Selasa, 4 Juni 2024

 

Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Sidrap, Muhammad Yusuf DM menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Informasi Geospasial Regional Sulawesi, Selasa (4/6/2024).

 

Rapat koordinasi dibuka Pj. Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, dihadiri Direktur Tata Ruang, Pertanahan dan Penanggulangan Bencana Kementerian PPN/Bappenas, Uke Muhammad Hussein. 

 

Hadir pula, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Muhammad Aris Marfai, dan Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Jamaluddin Jompa. 

 

Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, kegiatan tersebut penting, untuk merespon pergeseran dan kemajuan teknologi informasi.

 

"Dulu bekerja berbasis kertas untuk menyajikan data, kemudian mulai data didigitalkan, serta menyajikan pada layar elektronik," ujarnya.

 

Zudan membeberkan, telah merasakan manfaat informasi geospasial di Ditjen Dukcapil, dengan membangun basis peta dengan menempelkan data demografi dan statistik. 

 

"Sistem ini dikerjasamakan dengan Badan Informasi Geospasial. Ini kemudian mendapatkan penghargaan terbaik kedua di dunia.

 

Zudan menambahkan, dengan bimbingan Badan Badan Informasi Geospasial (BIG), hal tersebut akan berjalan efektif dan terfokus, khususnya di Sulawesi Selatan.

 

Kepala Badan Informasi Geospasial, Muhammad Aris Marfai menjelaskan, pemanfaatan geospasial dibutuhkan kepentingan pemerintah daerah dalam perencanaan pembangunan.

 

"Di mana selalu membutuhkan peta, dalam dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) adalah peta dasar yang diselenggarakan BIG," jelasnya.

 

Acara di Hotel Swissbell Makassar ini turut dihadiri, Kadis Kominfo Sidrap, H. Bachtiar, Kadis Biciptapera Sidrap, Abdul Rasyid, serta Kabid Penelitian dan Pengembangan Daerah Bappelitbangda Sidrap, Andi Soeharto.

 

Pewarta: ABDUL HASAN

Editor    : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon