Berita

Home Berita

Pemkab Sidrap Lakukan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

post-thumb

Berita

Kamis, 20 Juni 2024

 

Intervensi serentak percepatan pencegahan stunting dan dukungan aktivasi posyandu berlangsung di Kabupaten Sidenreng Rappang, Kamis (20/6/2024)

 

Seremoni kegiatan dipusatkan di Posyandu Anggrek 1 dan Anggrek 2, Kelurahan Bangkai, Kecamatan Watang Pulu, dipimpin Penjabat Bupati Sidrap, H. Basra didampingi Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap, Mahmuddin. 

 

Acara dihadiri Pj. Ketua PKK Kabupaten Sidrap Hj. Hafni Hafid, Kasdim 1420/Sidrap, Mayor Arm Arie Widarto, Kasat Binmas Polres Sidrap, AKP Zakariah. 

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi bersama pencegahan stunting yang dilakukan melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, verifikasi, dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, balita, dan catin secara berkelanjutan. 

 

Pj. Bupati Sidrap dalam sambutannya mengatakan, intervensi serentak bertujuan mengatasi masalah stunting yang dapat berdampak pada pertumbuhan balita.

 

“Kegiatan ini untuk kita, bila anak kita yang stunting maka kita sendiri yang bermasalah,” ujar Basra.

 

Ia pun menyampaikan, semua balita wajib mengikuti kegiatan posyandu. “Bagi yang tidak pernah datang posyandu, akan diedukasi supaya ke posyandu oleh petugas, dan di jemput oleh petugas, agar kasus stunting dapat dievaluasi oleh petugas kesehatan,” lontarnya. 

 

Edukasi stunting, lanjut Basra, perlu dilakukan dalam keluarga, mulai dari calon pengantin (catin), ibu hamil, dan balita. 

 

“Harapan kita semua lintas sektor dapat berperan menangani stunting, sehingga stunting di Sidrap dapat berkurang dan zero stunting,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dineks Dalduk KB Sidrap, Hj. Mu’minah mengugkap, 315 posyandu dan 116 rumah gizi selama Juni 2024 bergerak melakukan kegiatan penanganan stunting.

 

Disebutkan pula di acara tersebut, Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sidrap yang diketuai Pj. Sekretaris Daerah Sidrap, Muhammad Yusuf DM berkomitmen untuk mencapai Sidrap Zero Stunting.

 

Turut hadir di kesempatan itu, pengurus Dharma Wanita Persatuan Sidrap, perwakilan Kementerian Agama Sidrap, serta OPD terkait yakni Bappelitbangda, DPMDPPA, Dinsos, DTPHPKP, Disnakkan, Dinas Biciptapera, Diskominfo, dan Disdikbud.

 

Pewarta : REZKI LANGKUNG

Editor    : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon