Berita

Home Berita

Pemkab Sidrap Salurkan Bantuan Alsintan Senilai Rp7 Miliar ke Kelompok Tani

post-thumb

Berita

Kamis, 20 Juni 2024

 

Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), Kamis (20/6/2024).

 

Bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian RI ini berupa traktor roda 4, traktor roda 2, serta mesin pompanisasi. Bantuan ini merupakan usulan yang diajukan tahun 2020, di masa kepemimpinan Bupati Sidrap periode 2018-2023, H. Dollah Mando.

 

Penyerahan bantuan dilakukan Kadis DTPHPKP Sidrap, Ibrahim kepada kelompok tani penerima di halaman kantor DTPHPKP, Kompleks SKPD, Keluarahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu.

 

Acara disaksikan Kasdim 1420 Sidrap, Mayor Arm Arie Widarto, dan Kabid Sarana dan Prasarana DTPHPKP, Suriyanto.

 

Ibrahim mengungkap, bantuan alsintan ini merupakan upaya nyata dalam mendukung sektor pertanian di Kabupaten Sidrap. 

 

"Kami berkomitmen untuk terus memperkuat sektor pertanian melalui berbagai program dan bantuan seperti ini," ujar Ibrahim.

 

Ia menegaskan, pemerintah daerah akan terus mendengarkan aspirasi petani dan memprioritaskan pembangunan pertanian di Kabupaten Sidrap. 

 

"Program bantuan alsintan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan di sektor pertanian dan kesejahteraan petani," harapnya.

 

Sementara Suriyanto mengutarakan, alsintan yang disalurkan berupa 10 unit traktor roda empat, 44 unit traktor roda dua, dan pompanisasi 201 unit. Bantuan dibagikan ke 229 kelompok tani yang tersebar di 11 kecamatan.

 

"Alsintan ini merupakan usulan tahun 2020 lalu, dengan anggaran mencapai Rp7 miliar," ungkapnya.

 

Sebelumnya, pada pertemuan di Baruga Kompleks SKPD, Suriyanto mengingatkan kelompok tani penerima untuk mematuhi regulasi dalam penggunaan bantuan yang diberikan. 

 

"Saya harapkan agar setiap bantuan yang kami salurkan dapat benar-benar bermanfaat bagi kelompok tani dan tidak disalahgunakan," pintanya.

 

Sementara kelompok tani penerima bantuan menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Sidrap yang memberikan perhatian pada sektor pertanian. Seperti disampaikan Abdul Muin dari Kelompok Tani "Sabbarae", bantuan itu sangat berarti mendukung kegiatan pertanian sehari-hari. 

 

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah atas kerja samanya sehingga bantuan alsintan ini terealisasi. Ini akan membantu kami meningkatkan produksi pertanian dan secara keseluruhan memperbaiki kondisi ekonomi kami," ujar Abdul Muin.

 

Pewarta: MUHAMMAD SABIR YUNUS

Editor    : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon