Berita

Home Berita

Pendampingan Penginputan Masuki Hari Kedua, Kadis PMDPPA Tekankan Pentingnya Bukti Dukung

post-thumb

Berita

Rabu, 26 Juni 2024

 

Pendampingan penginputan klaster Kabupaten Layak Anak lingkup Kabupaten Sidenreng Rappang memasuki hari kedua, Rabu (26/6/2024) di Hotel Grandtown Makassar Makassar. 

 

Hadir sebagai narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDPPA) Sidrap, H. Abbas Aras, dan pendamping evaluasi kabupaten/kota layak anak Provinsi Sulsel, Suryanarni Sultan.

 

Abbas Aras menyampaikan materi mengenai kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan kabupaten layak anak.

 

“Pemerintah Kabupaten Sidrap berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan kabupaten layak anak sebagai upaya mewujudkan hak-hak anak dan memberikan perlindungan kepada anak," jelas Abbas.

 

Ia selanjutnya memaparkan, terdapat lima klaster dalam penilaian kabupaten layak anak, di mana setiap klaster memiliki indikator yang memerlukan data dan bukti dukung yang lengkap. 

 

“Setiap OPD terkait, hendaknya memperhatikan data yang disampaikan. Harus data otentik, dan betul-betul dilaksanakan sebagai bahan untuk menyakinkan penilai pada saat melakukan verifikasi lapangan,” lontar Abbas.

 

Diingatkannya, data yang input harus dipastikan sesuai dengan indikator klaster, sehingga tidak terjadi salah input. Untuk itulah, sambung Abbas, kegiatan pendampingan dilakukan agar meningkatkan kualitas data dan penilaian kabupaten layak anak di Kabupaten Sidrap.

 

“Harapan kami melalui pendampingan ini diharapkan Kabupaten Sidrap dapat meraih predikat pratama dan semoga bisa menjadi madya. Tentunya partisipasi seluruh OPD sangat diharapkan,” tutur Abbas.

 

Sementara itu, Suryanarni Sultan melakukan pendampingan kepada peserta dalam pengisian form daftar pertanyaan kabupaten layak anak. 

 

Ia terlebih dahulu melihat OPD apa saja yang belum maksimal penginputannya. OPD tersebut langsung didampingi untuk mengisi atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di website penilaian kabupaten layanan anak. 

 

Dalam kesempatan ini turut hadir Sekretaris DPMDPPA Sidrap, Suharya Angriani, dan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPMDPPA sekaligus ketua panitia pelaksana, Andi Diana Said Roem.

 

Sebagai informasi, bimbingan dan pendampingan penginputan dilaksanakan mulai 25 s.d. 27 Juni 2024. Kegiatan diikuti perwakilan 13 OPD terkait, Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Unit PPA Polres, P2TP2A, dan Forum Anak Nene Mallomo. 

 

Pewarta/Editor: NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon