Berita

Home Berita

Rembug Paripurna KTNA Sidrap, Perkokoh Ketahanan Pangan Nasional

post-thumb

Berita

Kamis, 27 Juni 2024

 

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, Muhammad Yusuf DM, membuka Rembug Paripurna Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Sidrap, Kamis (27/6/2024).

 

Kegiatan mengangkat tema "Sinergi KTNA dengan Pemerintah Daerah Memperkokoh Ketahanan Pangan Nasional", dirangkai pemilihan pengurus KTNA Sidrap periode 2024-2029.

 

Kegiatan dihadiri Ketua KTNA Sulsel, Muhammad Yunus, Guru Dosen Unhas Prof. Dr. Ir. Syamsuddin Hasan dan Prof. Dr. Ir. Tanrigiling, serta Dosen UNM, Prof. Jasmin.

 

Tampak pula Kadis Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Sidrap, Ibrahim,  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidrap, Aminah Arsyad dan Ketua KTNA Sidrap, H. Abdul Samad.

 

Acara diikuti oleh para camat dan anggota KTNA Sidrap, serta pemangku kepentingan terkait lainnya berlangsung di Aula Kantor SKPD.

 

Ketua KTNA Sulsel menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang diperlihatkan pemerintah daerah dan KTNA Sidrap sehingga Kabupaten sidrap dikenal sebagai lumbung padi di Sulsel.

 

"Ini tentunya merupakan kolaborasi kerja sama dan dukungan yang baik dari pemerintah daerah, stakeholder terkait dan kerja-kerja pengurus KTNA. Dipastikan ke depan akan banyak kabupaten berguru di Sidrap," pujinya.

 

Sementara, Pj. Sekda Sidrap dalam sambutannya menyampaikan, KTNA merupakan kelembagaan petani dan nelayan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan.

 

"KTNA mempunyai peran dan tanggungjawab yang amat besar dalam memenuhi pangan masyarakat, namun di sisi lain seringkali menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang melampaui batas kesanggupan yang mengharuskan kita semua bersinergi untuk lebih memberdayakan KTNA di masa yang akan datang," ujarnya.

 

Yusuf mengungkap, penyumbang PDRB terbesar di Kabupaten Sidrap adalah sektor pertanian dan merupakan garda terdepan dalam memenuhi pangan masyarakat baik kuantitas maupun kualita

 

Olehnya itu, ia berharap pengurus KTNA yang terpilih nantinya dapat memiliki etos kerja yang tinggi, produktif, hemat dan berkualitas

 

"Saya berharap semoga peserta rembug diberi pemikiran yang jernih disertai hati yang ikhlas untuk memilih dan dipilih menjadi pengurus KTNA, sehingga KTNA semakin dicintai," harap Yusuf seraya membuka acara.

 

Ketua KTNA Sidrap dalam laporannya menyampaikan, kepengurus KTNA periode 2019-2023 dan diperpanjang sampai bulan Juni 2024 berdasarkan SK Nomor 04/SK-KTNA/I/2024.

 

Abdul Samad selanjutnya mengutarakan, KTNA Sidrap periode 2019-2023 telah melaksanakan rembug paripurna di tingkat kecamatan.

 

Selain itu, pemerintah daerah bersama KTNA telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti MTS  yang dilaksanakan tiap tahun.

 

Pada pertengahan tahun 2021 sampai 2023 KTNA juga mengadakan rembug rutin setiap bulan dengan mengundang pejabat baik dari Kabupaten Sidrap maupun Pempov Sulsel

 

Dibeberkannya pula, pada Agustus 2022 dua poktan anggota KTNA mendapatkan bantuan berupa traktor roda 4 dari Gubernur Sulsel.

 

"Selain itu KTNA juga menerima piagam penghargaan dari Bupati Sidrap atas upaya menggerakkan dan membagkitkan perekonomian kabupaten sidrap" sebutnya.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara KTNA dengan produsen POC Lawoy Bumi Anugrah dan penyerahan santunan kecelakaan kerja dan kematian kepada ahli waris dari BPJS Ketenagakerjaan.

 

Selain itu ada juga sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan, pemberian materi dan pemilihan Ketua KTNA periode 2024-2029. Adapun yang terpilih yakni Ketua KTNA Sidrap, H. Abd. Samad dan Sekretaris H. Sainuddin Jannah.

 

Pewarta: MUHAMMAD SABIR YUNUS

Editor    : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon