Berita

Home Berita

Gandeng Bank Sulselbar, Bapenda Sidrap Gencar Edukasi QRIS

post-thumb

Berita

Sabtu, 12 Oktober 2024

 

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sidrap bersama Bank Sulselbar gencar mengedukasi penggunaan transaksi nontunai via QRIS di organisasi perangkat daerah (OPD).

Jumat (11/10/2024), merupakan hari ketiga rangkaian sosialisasi ASN Digital yang mereka lakukan.

Kali ini, giliran Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP), serta Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Pertanahan dan Perumahan Rakyat (Baciptapera) yang disambangi.

Sebagai pemateri di Kantor Dinas Biciptapera, yaitu Kabid Pendapatan Bapenda Sidrap, Sulaiman. Turut bergabung di kesempatan itu jajaran Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA). 

Sementara di Kantor DTPHPKP, selaku pemateri yakni Kasubid Sistem Informasi Bapenda, Purnama Indah Bestari.

Purnama Indah Bestari mengatakan, sosialisasi penting untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan ASN dalam menggunakan transaksi nontunai.

"Dalam hal ini penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang merupakan salah satu teknologi terkini yang memungkinkan pembayaran digital yang lebih efisien dan aman," terangnya. 

Tampak para peserta sosialisasi antusias mengikuti pemaparan tentang QRIS, termasuk mempraktikkan langsung cara penggunaannya. Begitupun proses aktivasi mobile banking.

"Mereka diberikan pelatihan langsung oleh perwakilan dari Bank Sulselbar," katanya.

Indah menyampaikan, bahwa dalam sosialisasi ini, Bapenda selalu menggandeng Bank Sulselbar yang tentunya memberikan nilai tambah yang signifikan, 

"Karena mereka akan memberikan wawasan tentang praktik penggunaan QRIS yang telah sukses diimplementasikan," ungkapnya. 

Sosialisasi ini, lanjut Indah, juga merupakan bagian dari komitmen bersama untuk mendorong transaksi nontunai dan meningkatkan literasi digital di kalangan ASN, yang akan berdampak positif pada efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah. 

"Ini akan memberikan inspirasi dan contoh konkret tentang bagaimana ASN di lingkungan pemerintah daerah dapat memanfaatkan teknologi ini secara efektif," imbuhnya.

"Diharapkan, melalui sosialisasi ini seluruh ASN lingkup Pemkab Sidrap akan lebih siap dalam menghadapi era digital yang semakin berkembang," tamdas Indah.

Pewarta: MUHAMMAD SABIR YUNUS 
Editor    : NURYADIN SUKRI

© Pemkab. Sidrap. All Rights Reserved.
Designed by HTML Codex
Distributed By: ThemeWagon